Pelatihan Dasar Jurnalistik Berakhir

Fitrisma Rais Targetkan MTsN 2 Kota Pekanbaru Terbitkan 4 Buku

Fitrisma Rais Targetkan MTsN 2 Kota Pekanbaru Terbitkan 4 Buku
Foto bersama usai acara penutupan/Foto: Dok. MTsN 2 Kota Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Setelah berlangsung 3 hari, Pelatihan Dasar Jurnalistik di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Pekanbaru yang berlangsung 19-21 Desember 2022 berakhir dan resmi ditutup.

Penutupan pelatihan dilakukan langsung oleh Kasi Penmad KanKemenag Kota Pekanbaru, Dr. H. Rialis, M.Pd, Rabu (21/12/2022).

Dalam sambutannya, Rialis mengatakan kalau pada dasarnya, setiap siswa dan guru peserta pelatihan punya kemampuan untuk menulis, pada prinsipnya semua bisa menulis, hanya saja butuh pembiasaan, juga harus memiliki kemauan untuk menulis.

"Karena kemampuan menulis itu harus dilatih dan diwujudkan dalam karya nyata, kalau menulis itu jangan berpikir kalau tulisan kita ini jelek, tapi tulis saja apa yang ingin kita tulis, tulislah apa yang kita lihat, apa yang kita dengar maka insyaallah akan jadi tulisan," ujarnya memotivasi.

Kalau nantinya tulisan itu sudah selesai dan dipublikasikan, setelahnya biarkan saja pembaca yang mengkoreksi, dan dari koreksian dari pembaca tersebut kita akan tahu di mana kurangnya untuk kemudian diperbaiki.

"Kalau sudah demikian, yakin dan percaya lah, tulisan yang kita buat hasilnya akan semakin baik untuk masa-masa yang akan datang," harapnya.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Kota Pekanbaru, Fitrisma Rais, M.Pd usai acara juga berharap banyak kepada peserta pelatihan hari ini atau angkatan perdana yang berjumlah 20 orang ini.

"Harapan saya tentu saja mereka yang mendapatkan pelatihan ini mampu menghidupkan literasi di MTsN 2 Pekanbaru dengan karya-karyanya," ujarnya.

Di sampaing ini, Fitrisma juga berharap dari pelatihan ini akan lahir beberapa buah karya buku yang dia targetkan di akhir semester nanti atau di bulan Juni 2023 dapat dilaunching, dan ini menurutnya saat ini sedang berproses.

Adapun buku-buku yang nantinya akan diterbitkan oleh MTsN 2 Kota Pekanbaru yaitu Buku Kumpulan Pantun, Buku Kumpulan Puisi yang merupakan hasil karya guru dan siswa.

"Kemudian juga ada Buku Kumpulan Kata-kata Hikmah berupa Tajuk I Like Monday atau Tajuk Teacher Stories yang ada di laman Facebook dan Instagram MTsN 2 Pekanbaru.

Terakhir, dia juga berharap siswa dan guru juga mampu menerbitkan Buku Kumpulan Cerita Pendek. "Semoga harapan ini bisa kami wujudkan dan pelatihan hari ini bisa membantu untuk menulis lebih baik lagi," tandasnya. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index