Tingkatkan Literasi, Ketua K3S Kota Pekanbaru Siap Dukung Program Literasi SCW

Tingkatkan Literasi, Ketua K3S Kota Pekanbaru Siap Dukung Program Literasi SCW
Pertemuan Pengurus K3S Kota Pekanbaru dengan Komunitas Literasi SCW/Foto: Istimewa

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Rencana kegiatan atau program literasi yang merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dengan komunitas literasi Salmah Creative Writing (SCW) mendapat dukungan penuh dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kota Pekanbaru.

Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua K3S Kota Pekanbaru, Gimin S.Pd.I, yang didampingi oleh Paisal Rusdianto, Sekretaris K3S Kota Pekanbaru, Kamis (5/1/2023) saat menerima kunjungan komunitas SCW di ruang kerjanya.

"Kami dari K3S akan mendukung kegiatan ataupun program literasi yang akan dijalankan oleh Dinas Pendidikan yang bekerja sama dengan komunitas SCW,baik itu pendampingan, pelatihan dan lainnya," ujar Gimin yang juga Kepala SDN 110 Pekanbaru ini.

Namun begitu, dia menekankan pentingnya payung hukum yang akan menjadi dasar dalam kegiatan tersebut, karena K3S baru akan bisa membantu kalau dasar hukum kegiatannya jelas.

"Jika nanti sudah ada MoU antara Disdik Pekanbaru dengan SCW, maka kita akan kumpulkan anggota kita untuk sosialisasi kegiatan apa yang akan dilakukan," sambungnya.

Terkait kegiatan literasi, diakuinya memang belum maksimal, memang di sejumlah sekolah sudah ada program yang dijalankan, tapi kalau nanti didampingi, Gimin yakin hasilnya akan lebih baik lagi.

Sementara itu, Founder SCW, Siti Salmah, yang didampingi pengurus SCW, Harnie Desrianti (guru penggerak SDN 35 Pekanbaru) dan Ammi Adriani (guru SDN 161 Pekanbaru) menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh K3S Kota Pekanbaru.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh SCW ini bukan hal baru, karena beberapa tahun terakhir, SCW secara rutin pun telah melakukan pendampingan secara mandiri ke sejumlah sekolah di Pekanbaru dan luar Pekanbaru.

"Kalau sekarang kita ingin berkolaborasi dengan Disdik dan juga K3S dengan harapan program yang kami jalankan hasilnya bisa lebih maksimal lagi," harapnya.

Dilanjutkannya, nantinya muara dari semua kegiatan pendampingan literasi yang akan dilakukan, bagaimana siswa dan guru punya karya, baik itu solo maupun antologi, tak hanya di bidang sastra tapi juga bidang yang lainnya, namun yang terpenting dari itu semua, bagaimana meningkatkan minat baca dan menulis serta peningkatan literasi, tak hanya siswa dan guru tapi juga di masyarakat.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru juga mengapresiasi dan mendukung kegiatan, program dan upaya-upaya peningkatan literasi baik oleh sekolah maupun komunitas-komunitas.

Demikian disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal didamping Kepala Bidang Sekolah Dasar (Kabid SD), Dian Permata Indah, saat menerima kunjungan komunitas literasi Salmah Creative Writing (SCW), Selasa, 3 Januari 2023 di kantornya.

Abdul Jamal mengatakan, Disdik Pekanbaru pada prinsipnya mendukung setiap kegiatan yang digelar oleh komunitas yang tujuannya bagaimana meningkatkan literasi dan indeks literasi di Kota Pekanbaru.

"Saya juga sudah tahu apa yang selama ini sudah dilakukan oleh SCW khususnya untuk kegiatan pendampingan di sekolah-sekolah, itu bagus, dan saya mendukung, ya kalau selama ini sifatnya SCW langsung ke sekolah-sekolah, mungkin nanti kita bisa bekerja sama untuk hal yang lebih besar dari itu," ujarnya. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index