PDI Perjuangan Wanti-wanti Isi Dialog Dalam Pertemuan Jokowi- Surya Paloh

PDI Perjuangan Wanti-wanti Isi Dialog Dalam Pertemuan Jokowi- Surya Paloh
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto mengingatkan agar pertemuan tokoh politik dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak disalahgunakan demi kepentingan politik sesaat.

Hal itu disampaikan Hasto merespons pertemuan Presiden Jokowi dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Kamis (26/1/2023) sore.

"Pak Jokowi selalu membuka pintu istana, dialog untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Hasto ditemui di Kantor DPC PDI-P Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1/2023).

"Tapi, ketika dialog itu ada yang menyalahgunakan hanya untuk kepentingan politik sesaat, hanya untuk kepentingan partainya, maka Jokowi punya kewenangan untuk mengambil suatu tindakan strategis seuai kewenangan presiden," ujarnya lagi. 

Hasto lantas menilai, pertemuan Surya Paloh dan Jokowi sekadar pertemuan antar pimpinan partai politik (parpol) dengan kepala negara.

Di sisi lain, menurutnya, Presiden Jokowi bakal mengumpulkan atau bertemu pimpinan parpol, sebelum mengambil keputusan penting.

"Misal akan ada reshuffle, Pak Jokowi melakukan pemberitahuan. Tapi, pertemuan dengan Pak Surya Paloh ya bagaimana pertemuan dengan ketum parpol yang lain," kata Hasto.

Namun, Hasto enggan berkomentar atau berpandangan bahwa pertemuan Jokowi dan Surya Paloh mengisyaratkan reshuffle kabinet dalam waktu dekat.

Ia menegaskan bahwa perombakan kabinet adalah hak prerogatif presiden.

"Reshuffle, kan saya berulang kali menegaskan, hanya bisa terjadi atas kehendak dari presiden. Karena presiden yang punya hak prerogratif untuk melakukan evaluasi ke jajaran kabinetnya," ujarnya. 
Oleh karena itu, Hasto mengajak semua pihak menunggu keputusan presiden apakah akan melakukan reshuffle atau tidak.(R02)

Sumber Berita: kompas.com

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index