Bupati Inhu Rezita Hadiri Musrenbang RKPD 2024 Kecamatan Rengat Barat

Bupati Inhu Rezita Hadiri  Musrenbang RKPD  2024 Kecamatan Rengat Barat
Bupati Inhu Rezita Meylani menghadiri Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024 Kecamatan Rengat Barat di Aula Kantor Camat Rengat Barat Pematang Reba, Senin (30/1/23)./ Sumber Foto: kominfo Inhu.

PEMATANG REBA (RIAUSKY.COM)- Pemkab Indragiri Hulu melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024 Kecamatan Rengat Barat di Aula Kantor Camat Rengat Barat Pematang Reba, Senin (30/1/23).

Musrenbang kali ini dilaksanakan dengan tema "Meningkatkan Infrastruktur untuk Mendukung Pengembangan Sumber Daya Alam Guna Memantapkan Pemulihan Ekonomi.'' 
Musrenbang di awal tahun 2023 ini dibuka Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi.

Dalam Sambutan, Bupati Rezita menyebut prioritas pembangunan Tahun 2024 yaitu meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar yaitu memantapkan pembangunan jalan dan jembatan, sarana dan prasarana sanitasi, air minum bersih, irigasi dan penanganan abrasi.

Yang kedua adalah pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang berbasis pada kearifan lokal dan pemeliharaan keragaman hayati secara berkelanjutan, pembinaan SDA dan lingkungan hidup, mitigasi bencana dan pengelolaan sampah.

Kemudian yang ketiga adalah pemulihan ekonomi yang difokuskan pada pengembangan pertanian, UMKM, pariwisata dan sumber daya manusia.

Bupati Rezita berharap usulan-usulan yang disampaikan  benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat di Kecamatan Rengat Barat.

Dalam pada itu, Camat Rengat Barat, Lisnar Manaf menyebut usulan yang masuk dari desa sebanyak 136 usulan. Dari seluruh usulan tersebut telah disepakati bersama sebanyak sembilan usulan prioritas yang akan disampaikan pada Musrenbang.

Adapun sembilan usulan tersebut yaitu rehabilitasi berat gedung kantor camat, rumah dinas dan aula, pembangunan drainase jalan Puskesmas Pekan Heran dan pembangunan turap/talud atau bronjong ruas jalan Tanah Datar - Sibabat.

Kemudian pembangunan jembatan desa Tanah Datar, rehab jalan konstruksi aspal dari Kota Lama menuju Danau Menduyan dan pembuatan pagar lapangan bola Pematang Reba dan jogging track.

Selanjutnya pembangunan box culvert di RT/RW 04/06 Kelurahan Pematang Reba, pembangunan street food/wisata kuliner Karang Taruna di kawasan Batu Canai Pematang Reba dan pembuatan percontohan sistim pertanian terpadu.

"Kami berharap pemerintah dapat mengakomodir usulan tersebut," ujar Camat Lisnar.

Di Akhir acara Selanjutnya dilakukan diskusi dan mendengarkan masukan dari Kepala desa dan masyarakat yang dipimpin oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Inhu.(R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index