Kondisi Kerusakan Jalan Parit Indah Kian Parah, Hujan Jadi Kubangan Air

Kondisi Kerusakan Jalan Parit Indah Kian Parah, Hujan Jadi Kubangan Air
Kondisi Jalan Parit Indah rusak parah. / SUmber Foto: riausky.com

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kondisi kerusakan jalan Parit Indah kini kian mengkhawatirkan.

Selain lubangnya yang semakin bertambah banyak, di musim hujan, jalan digenangi air dan rawan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Dari pantauan Riausky.com di lapangan, kondisi Jalan Parit Indah kini memang semakin tidak karu-karuan.

Bila sebelumnya lubang menganga hanya ada di beberapa titik saja, tapi dalam beberapa pekan terakhir, seiring dengan tingginya intensitas hujan, lubang-lubang semakin banyak bermunculan.

Warga yang tidak hati-hati pun sudah beberapa kali terperosok dan jatuh di jalan yang kini banyak menjadi kubangan air.

''Sudah parah sekali, tapi kok pemerintah tidak respon ya? padahal ini sudah bulan Februari, harusnya sudah bisa mulai bergerak lah alat berat di lapangan,''ungkap Bandi, warga di Jalan Pesantren.

Dikatakan dia, dari seluruh ruas jalan di Pekanbaru, Jalan Parit Indah adalah ruas yang harusnya menjadi prioritas untuk diperbaiki, karena berkaitan dengan aktivitas publik.

''Di sini, bisa puluhan ribu kendaraan yang melintas setiap harinya, dan tak pernah berhenti. Baik sepeda motor, mobil penumpang, bahkan truk-truk bertonase besar.Jalan ini jadi ruas alternatif warga hendak ke Lintas Timur, tapi belum juga diperbaiki sudah berbulan-bulan,'' ungkap dia.

Karena itulah, dia mengetuk Pemerintah Kota Pekanbaru maupun Pemprov Riau untuk secepatnya melakukan perbaikan, untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas.

''Ya, disini kan sekarang jadinya pengguna kendaraan saling curi jalan. Karena jalan berlubang besar, mobil sering menghindar dan mencuri jalan, sehigga sangat rawan lakalantas,'' imbuh Feri.

Ari yang juga seorang PNS mengaku jalan ini sebenarnya juga alternatif atau jalan potong untuk menuju ke Tenayan Raya mengingat kepadatan lalu lintas di Jalan Harapan Raya.

Namun kerusakan jalan ini membuatnya agak berhati-hati untuk melintasi kawasan ini saat ini.

''Mudah-mudahan bisa segera diperbaiki secepatnya,''harap dia.

Sebelumnya, pada akhir Januari lalu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (10/1/2023), mengatakan, jalan dengan kondisi rusak telah disurvei Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada tahun lalu. Ada sekitar 200 ruas jalan yang rusak.

"Ini baru laporan yang diterima. Pada 1 Januari, kami telah menambal jalan di sekitar Pasar Bawah. Tangga 2 Januari, kami memperbaiki Jalan Kelapa," ungkapnya.

Dari tanggal 1 Januari hingga sekarang, ada 6 ruas jalan yang telah ditambal. Artinya, Dinas PUPR terus bergerak memperbaiki jalan.

Sedangkan overlay jalan butuh proses lelang. Ada lima ruas jalan yang akan diperbaiki Pemprov Riau dengan proses overlay seperti Jalan Suka Karya Panam, Jalan Parit Indah.

"Sebenarnya, Jalan Parit Indah itu milik Pemko Pekanbaru. Hanya saja, gubernur Riau ingin membantu kami untuk mengaspal ulang Jalan Parit Indah," ucap Indra Pomi.

Untuk sementara, Dinas PUPR akan melakukan penambalan di Jalan Parit Indah dan beberapa jalan lain. Hal ini dilakukan sembari menunggu proses lelang overlay jalan di Pemprov Riau.(R05) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index