Meski Baru Beberapa Hari Diluncurkan, Kurma Manis Pemko Pekanbaru Sudah Banyak Dinikmati Warga

Meski Baru Beberapa Hari Diluncurkan, Kurma Manis Pemko Pekanbaru Sudah Banyak Dinikmati Warga
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, terhitung tanggal 30 Januari hingga 6 Februari 2023 sudah menangani 7 kasus di program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat atau Kurma Manis.

"Dari 7 kasus tersebut, 4 kasus diterima melalui call center dan 3 kasus yang langsung masyarakat datang ke puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (7/2).

Disampaikannya, untuk 4 kasus yang diterima melalui call center yakni pertama laporan dari warga di Kecamatan Tuah Madani yang melaporkan tetangganya menderita penyakit diabetes mellitus.

Kedua, ada warga yang menanyakan surat rekomendasi pengobatan ke Jakarta. Ketiga, laporan dari warga di Kecamatan Rumbai yang melaporkan tetangganya sudah sakit sejak 4 bulan terakhir dan langsung mendapat pelayanan oleh tim Kurma Manis Kecamatan Rumbai.

"Kemudian keempat, penelpon melaporkan kasus kecelakaan lalu lintas dan telah ditangani dengan melibatkan pihak kepolisian," urai Zaini.

Sementara itu untuk tiga kasus yang dilaporkan ke puskesmas terdiri dari, pertama layanan bagi warga mengalami luka kaki terkena senjata tajam dan juga telah dilakukan pelayanan kesehatan oleh tim Kurma Manis Puskesmas Kecamatan Tenayan Raya untuk selanjutnya di rujuk ke RSD Madani.

Kedua, kasus ODGJ di wilayah Kecamatan Bukit Raya diterima laporan dari RT/RW dan dibawa ke puskesmas untuk dilayani oleh tim Kurma Manis Kecamatan Bukit Raya untuk selanjutnya dirujuk ke RS Lancang Kuning.

"Ketiga, kasus anak demam tinggi di Kecamatan Tenayan Raya dan sudah dilakukan kunjungan rumah untuk mendapatkan pengobatan dari tim Kurma Manis puskesmas," tutup Zaini.(R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index