Disdik Pekanbaru Jalin Kemitraan Kelola Program PINTAR Bersama Tanoto Foundation

Disdik Pekanbaru Jalin Kemitraan Kelola Program PINTAR Bersama Tanoto Foundation
Tanoto Foundation Riau menggelar pertemuan bersama pemangku kepentingan Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui acara District Stakeholder Meeting di Aula Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Tanoto Foundation Riau menggelar pertemuan bersama pemangku kepentingan Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui acara District Stakeholder Meeting di Aula Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Kamis (9/2).

District Stakeholder Meeting ini bertujuan memaparkan capaian dan lesson learn Program PINTAR tahun 2022.

Mereka menyampaikan fokus Program PINTAR tahun 2023 dan kebutuhan dukungan Mitra dalam pelaksanaan kegiatan program PINTAR. Setelah itu membuat rencana tindak lanjut bersama kegiatan dan dukungan mitra Program PINTAR.

Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru Muzailis, mengapresiasi Program PINTAR dari Tanoto Foundation. Apalagi Disdik sudah menjalin kerjasama selama lima tahun.

"Program ini harus didukung dan diaplikasikan oleh pemangku kepentingan.” jelasnya dalam pembukaan acara.

Menurutnya, dinas sudah menerima dampak positif dari program PINTAR, yakni praktik pembelajaran yang membaik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ia menyebut bahwa sesuai arahan Pj Walikota Pekanbaru kerjasama ini tetap dilanjutkan untuk meningkatkan mutu pendidikan kota Pekanbaru.

"Lalu mempertahankan prestasi-prestasi yang sudah tercapai selama kerjasama ini terjalin.” jelasnya.

Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau Dendi Satria Buana mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan nantinya pemangku kepentingan mengetahui capaian program PINTAR 2022 dan fokus program PINTAR 2023. Adanya dukungan mitra melalui regulasi atau penegasan kepada sekolah maupun gugus tentu mendukung implementasi Program PINTAR serta komitmen terhadap kehadiran dalam pelaksanaan kegiatan. Adanya rencana tidak lanjut bersama terkait dukungan kegiatan dan saling berbagi peran dalam pelaksanaan kegiatan Program.

Dendi menambahkan, konsep program kegiatan Tanoto Foundation menyelaraskan kegiatan dengan Sustainable Development Goals SDGs tujuan 4 pendidikan berkualitas.

“Tanoto Foundation pada tahun 2023 mempunyai tiga fokus program salah satunya mendukung suksesnya Implementasi Kurikulum Merdeka IKM dan Platform Merdeka Mengajar masuk perencanaan berbasis data.”jelasnya.

District coordinator Pekanbaru Dwi Wahyu Alfajar memaparkan hasil dan capaian Program PINTAR 2022 Kota Pekanbaru. Untuk mengukur keberhasilan program kami menggunakan Aplikasi Pemantauan Sekolah (APS).

APS ini menjadi alat program PINTAR untuk melihat kondisi sekolah mitra dalam mengimplementasikan program. Data APS ini juga digunakan sebagai data pendukung beberapa indikator keberhasilan program (district graduate).

“Berdasarkan hasil pemantaun menggunakan APS didapatkannya hasil bahwa untuk Kota Pekanbaru meraih predikat Graduate Distrct,” jelasnya.

Dwi Fahwu Alfajar menambahkan selama tahun 2022 Program PINTAR ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan, seperti pelatihan kepada guru dan kepala sekolah, pelatihan kepada duta orang tua dan pelatihan parenting kepada orang tua siswa.(R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index