Kapal Dumai Line 9 yang Tabrak Hutan Bakau di Kepulauan Meranti Berhasil Dievakuasi

Kapal Dumai Line 9 yang Tabrak Hutan Bakau di Kepulauan Meranti Berhasil Dievakuasi
Kapal Dumai 9 mengalami Trouble engine dan Menabrak Pinggiran Pantai sehingga kapal naik ke daratan./ Sumber Foto: Tangkapan layar youtube.


MERANTI (RIAUSKY.COM)- Setelah sempat Kandas di sekitar hutan Bakau di Sungai Tokor, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kapal Feri Mv.Dumai Line 9 berhasil melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang.

Kepala Unit SAR Selatpanjang, Herrie Prima mengungkapkan bahwa setekah mendegar informasi bahwa kapal kandas, tim gabungan dari Basaenas, Satpol Air Polres, Polsek Tebingtinggi, dan BPBD Kepulauan Meranti langusung mendatangi kejadian.

Atas kejadian tererbut Herrie menjelaskan tidak ada korban jiwa. Kandasnya Kapal disampaikan Herri sejauh ini disebabkan oleh trouble engine.

"Kapal Dumai 9 mengalami Trouble engine dan Menabrak Pinggiran Pantai sehingga kapal naik kedaratan pantai, atas kejadian tersebut crew kapal telah memberikan himbauan dan memberikan tindakan pertama kepada penumpang kapal," ungkapnya sebagaimana dikutip dari tribunpekanbaru.com.

Dijelaskannya setelah air pasang tepatnya sekira pukul 11.45 Wib, kapal berhasil keluar dari daratan tempat kejadian dan melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang guna untuk melakukan transit penumpang ke kapal Ferry MV. Dumai Line 8.

Sementara itu untuk nahkoda dan crew kapal saat ini sedang dimintai keterangan terkait kejadian ini.

"Crew kapal ferry MV. Dumai line 9 dimintai keterangan oleh pihak KSOP Selatpanjang untuk mengetaui penyebab kejadian. Adapun dalam kegiatan evakuasi tersebut berjalan dengan aman dan kondusif." Pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG menyampaikan menerangkan bahwa Kapal Dumai Line 9 berangkat dari Tanjung Balai Karimun sekitar pukul 09.30 WIB menuju Dumai dengan jumlah penumpang berjumlah 234 orang.

Dari keterangan di lapangan, saat berangkat kapal dalam keadaan baik.

"Pada saat berangkat berdasarkan keterangan dari Nakhoda bahwa kondisi kapal baik. Kapal berada di TKP sekitar 1 jam, dan saat air pasang kapal sudah bisa jalan." Terangnya.

Ditambahkannya sekitar pukul 12.40 WIB kapal Fery Dumai Line 9 sudah sampai di Selat Panjang dengan selamat dan saat ini penumpang yang berangkat menuju Dumai akan dipindahkan ke kapal Fery Dumai Line yang lain.

Penyebab rinci dari kandasnya kapal tersebut masih dalam pemeriksaan KSOP Selatpanjang.

"Penyebab dari kapal ferry Dumai Line ini terdampar ke darat masih menunggu hasil investigasi dari Syahbandar." Pungkasnya.(R02)

Sumber Berita: tribunpekanbaru

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index