Tenayan Raya Juara Umum MTQ Kota Pekanbaru Ke-55

Tenayan Raya Juara Umum MTQ Kota Pekanbaru Ke-55
Pelaksanaan penutupan MTQ Ke-55 tingkat Kota Pekanbaru, Ahad (19/2/2023)./ Sumber Foto: riausky.com

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kecamatan Tenayan Raya berhasil keluar sebagai Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kota Pekanbaru Ke-55.

Pengumuman juara umum MTQ dilakukan pada Ahad (19/2/2023) bersempena penutupan gelaran acara yang sudah dilangsungkan semenjak 12 Februari 2022 lalu.

Dalam keputusannya, Dewan Hakim MTQ Ke-55 yang diketuai Dr H Idrus SAG, MAg memutuskan Tenayan Raya sebagai juara umum dengan raihan 54 poin, disusul Marpoyan Damai pada posisi kedua dengan 54 poin serta Pekanbaru Kota 48 poin.

Penyerahan tropi juara umum dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun dan diterima Camat Tenayan Raya Abdul Barri.

''Selamat kepada Tenayan Raya yang berhasil merebut juara umum pada MTQ Tingkat Kota Pekanbaru ke-55 ini,''sebut Muflihun selepas penyerahan piala.

Dalam sambutannya, Muflihun mengingatkan hendaknya raihan juara ini tidak dianggap sebagai akhir, melainkan sebagai langkah awal untuk terus meningkatkan kemampuan dalam membaca dan menguasai ilmu Alquran.

''Saya minta, hendaknya ini tidak dianggap sebagai tujuan, tapi menjadi awal dan motivasi untuk terus meningkatkan kemampuan dalam membaca dan menguasai ilmu Alquran,'' ajak Muflihun.

Dia juga memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah berjuang untuk menjadi yang terbaik pada gelaran MTQ kali ini.

Bahkan, Muflihun memberikan apresiasi khusus kepada Hafidzah Isti'anah Billah yang  berhasil menjuarai hapalan 30 juz Alquran pada MTQ kali ini.

''Ini benar-benar prestasi. Bukan hanya ditingkat Kota Pekanbaru, bahkan tingkat nasional. Ada anak usia 9 tahun yang berhasil menjuarai Tahfiz Quran 30 juz. Ini membuktikan kalau dari Pekanbaru ini juga bisa hadir juara-juara pembaca dan penghapal Alquran terbaik,''sebut dia.

''Untuk juara I Tahfiz Quran 30 juz (Hafidzah Isti'anah Billah,red), saya akan berikan reward khusus. Ini janji saya, akan ada perhatian khusus dari saya, karena ini luar biasa'' ungkap Muflihun bangga.

Muflihun juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Masjid Paripurna Raudhatussolihin, Bukit Barisan yang telah membantu penyelenggaraan acara sedari awal hingga selesai.

Gelaran penutupan MTQ Kota Pekanbaru Ke-55 berlangsung meriah penuh dengan kebahagiaan. Sejumlah gelaran hiburan dilaksanakan di panggung astaka.

Selain itu juga dilakukan penyerahan piala kepada para juara, termasuk untuk kecamatan penyelengara MTQ terbaik yang pada tahun ini diraih oleh Kecamatan Bukitraya. Selain itu juga diumumkan juara untuk lomba pawai takruf,  bazar UMKM terbaik dan beberapa lainnya.

Acara ditutup dengan penekanan tombol sirine tanda ditutupnya acara.

Setidaknya ribuan warga ikut antusias menyaksikan acara penutupan sekaligus pembagian hadiah.

Pada MTQ Ke-55 ini, setidaknya ada 563 orang peserta ikut ambil bagian dalam perlombaan berasal dari 15 kecamatan di Kota Pekanbaru.

Mereka mengikuti sebanyak 25 nomor lomba yang dipertandingkan oleh panitia penyelenggara yang dilangsungkan di sejumlah masjid di wilayah Kecamatan Kulim.

Ketua Panitia penyelenggara MTQ Ke-55 Syoffaizal menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan MTQ Ke-55 kali ini.(R05)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index