BPS Gelar Penguatan Dumai Dalam Angka 2023 dan Statistik Sektoral

BPS Gelar Penguatan  Dumai Dalam Angka 2023 dan Statistik Sektoral
Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Dumai, H. Muhammad Syafei, S.Sos, M.Si membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Kota Dumai Dalam Angka 2023

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Dumai, H. Muhammad Syafei, S.Sos, M.Si membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Kota Dumai Dalam Angka 2023, yang digelar di Ruang Pertemuan Cititel Dumai, Selasa (21/2/2023).

Sebanyak 54 peserta yang terdiri dari Tim Penyusun Publikasi Dumai Dalam Angka BPS Kota Dumai, OPD di lingkungan Pemko Dumai, instansi vertikal dan akademisi dari perguruan tinggi yang menjadi sumber data, tampak hadir dalam forum yang ditaja Badan Pusat Statistik (BPS) Dumai.

Dijelaskan Kepala BPS Kota Dumai Drs. Morhan Tambunan, M.Si, tujuan diadakannya FGD hari ini untuk mengevaluasi data yang sudah dikumpulkan dari OPD-OPD yang ada di kota Dumai terkait publikasi Dumai Dalam Angka 2023 yang direncanakan akan rilis pada tanggal 28 Februari 2023.

"Selain itu, melalui FGD ini juga akan dilakukan evaluasi pelaksanaan Statistik Sektoral Kota Dumai selama tahun 2022, sekaligus akan dilakukan penguatan pelaksanaan Statistik Sektoral Kota Dumai tahun 2023," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten III Setdako Dumai Syafei berharap, melalui FGD ini bisa membangun kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Dumai, instansi vertikal, akademisi dan BPS Kota Dumai demi terwujudnya sinkronisasi data di Kota Dumai.

"Publikasi Dumai Dalam Angka memuat berbagai macam data dan informasi, antara lain keadaan geografis dan iklim, sosial, ekonomi, penduduk, maupun keadaan sosial dan perekonomian Kota Dumai secara menyeluruh, yang pastinya bermanfaat untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan," tutur Syafei.

Memandang besarnya manfaat dari publikasi ini, ia menghimbau seluruh OPD selaku produsen data untuk dapat mendukung penyusunan publikasi ini dengan memberikan data yang akurat dan mutakhir.

"Kepada seluruh peserta kami mohon untuk aktif dalam kegiatan FGD ini. Berikan masukan dan saran serta berbagai hal yang berkaitan dengan kelengkapan data yang diperlukan," imbuhnya.

Syafei optimis dengan koordinasi yang baik, kualitas publikasi Dumai dalam angka yang akan rilis, menjadi lebih berkualitas dan akurat, sehingga dapat memberikan manfaat serta menjadi acuan dasar perencanaan pembangunan di Dumai Kota Idaman.

FGD juga diperkuat dengan penyampaian paparan materi dari 2 orang narasumber (dari BPS dan Diskominfotiksan Dumai) dan akan dipandu langsung oleh Kepala BPS Kota Dumai, dilanjutkan dengan kegiatan diskusi serta tanya jawab dengan seluruh peserta.(R10)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index