Sekda Kota Dumai Hadiri Rapat Koordinasi Nasional untuk Dukung Pemilu 2024

Sekda Kota Dumai Hadiri Rapat Koordinasi Nasional untuk Dukung Pemilu 2024

BALIKPAPAN (RIAUSKY.COM)- Walikota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politk (Kesbangpol) Eko Wardoyo menghadiri Rapat Koordinasi dan Sinergi Pelaksanaan Program atau Kegiatan Terkait Pelaksanaan Urusan Politik dan Pemerintahan Tahun 2023 yang bertempat di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (20/02).

Rapat yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri tersebut berlangsung dari tanggal 20 sampai dengan 21 Februari yang diikuti oleh seluruh Sekretaris Daerah dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politk (Kesbangpol) Provinsi Kabupaten dan Kota se Indonesia.

Adapun tujuan dilaksanakannya Rapat tersebut agar dilakukannya penguatan kelembagaan dan dukungan anggaran pada Kesbangpol dalam pelaksanaan pemilu untuk pemilihan Pilkada serentak pada tahun 2024 nanti.

Ada tujuh Kementrian dan empat Lembaga Negara yang menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi ini yang dimana kegiatan tersebut dibuka oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Drs. Bahtiar, 

Sekretaris Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Drs. Horas Mauritz Panjaitan, M. Ec. Dev · Bahri,  menjelaskan bahwa penguatan kelembagaan dan dukungan anggaran sesuai dalam lampiran Permendagri No. 84 Tahun 2022 tentang pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2023.

"Pemerintah Daerah dalam mendukung pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 menganggarkan dukungan pendanaan kegiatan pemilu dan Pilkada serentak sesuai dengan tahapan, jadwal, dan program kegiatan pemilihan yang dimulai tahun 2022 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," jelasnya.(R10)


 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index