Buka Bimtek BOP PAUD 2023 Ini Pesan Kadisdik Jamal

Buka Bimtek BOP PAUD 2023 Ini Pesan Kadisdik Jamal
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal menggelar bimbingan teknis (Bimtek) BOP PAUD (foto:kim)

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru melalui bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal ( PNF) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) BOP PAUD.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan Bimtek ini digelar untuk membahas tentang penggunaan dana BOP sesuai juknis untuk tahun 2023.

"Jadi kitakan tahun ini sudah mau salur BOP untuk PAUD. Untuk itu kita sudah mulai melakukan Bimtek untuk PAUD penerima," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Senin (27/2/2023).

Ia mengatakan dengan digelarnya Bimtek ini diharapkan tak ada kesalahan kesalahan dalam penggunaan uang dan laporan.

"Jadi pada acara Bimtek ini kita juga mendatangkan narasumber juga dari bank. Karena persoalan salur kan dari BRK Syariah. Takutnya nanti ada persoalan seperti uang yang tak bisa ditransfer atau uang kembali, jadi kita minta solusi terkait hal ini kepada ahlinya. Makanya kita undang juga pihak bank," ungkapnya.

Dijelaskan Abdul Jamal, untuk dana BOP ini masing-masing anak akan mendapatkan dana sebesar Rp600 ribu pertahun. Dana tersebut akan langsung ditransfer dari pusat ke lembaga PAUD penerima.

"Untuk BOP ini dibagi Rp600 ribu per siswa yang terdaftar dalam Dapodik. Kemudian nanti itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Namun syaratnya memang tidak seribet BOS. Tapi tentu harus dipenuhi syarat yang diminta. Makanya guna dari Bimtek ini adalah untuk menyamakan persepsi," terangnya.

Selain itu pada Bimtek ini pihaknya membantu supaya PAUD bisa menggunakan dana tersebut dengan tepat dan membuat laporannya tepat sasaran.

"Itu akan kita bahas dalam tiga hari kedepan. Nantinya untuk PAUD yang mendapatkan ilmu Bimtek bisa membagikan kepada yang belum mengikuti kegiatan hari ini," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Reni Bafita menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari, Senin - Rabu (27 Februari -1 Maret 2023) diikuti 250 Lembaga PAUD se Pekanbaru.

Reni juga menyampaikan BOP PAUD  harus dikelola dengan baik, benar, dan dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana juknis BOP PAUD dan Pendidikan Non Formal sesuai Permendikbud nomor 63 tahun 2022.(R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index