Beasiswa Cekatan Rp 47 Juta: Bantuan Pendidikan MAN 4 Pekanbaru untuk Siswa Yatim dan Yatim Piatu

Beasiswa Cekatan Rp 47 Juta: Bantuan Pendidikan MAN 4 Pekanbaru untuk Siswa Yatim dan Yatim Piatu
pemberian beasiswa Cekatan MAN 4 Pekanbaru

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dalam mendukung proses pendidikan pelajar yang berstatus yatim dan yatim-piatu, MAN 4 Kota Pekanbaru salurkan bantuan pendidikan, yang dinamai Beasiswa Kader Cekatan (Cerdas, Katalisator dan Andal) kepada 28 orang siswanya. Bantuan ini diberikan secara simbolis oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Dr H Muliardi M.Pd, Senin (27/02/2023).

Penyerahan bantuan pendidikan tersebut bersamaan dengan kegiatan Tahlil Akbar dan Pembukaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Pelajar MAN 4 Kota Pekanbaru Tahun 2023, di lapangan upacara Madrasah Negeri yang beralamat di Jl. Yos Sudarso KM 15.

“Ini merupakan program positif yang secara kontinyu harus terus dihadirkan agar masyarakat dari keluarga Yatim Piatu dan Yatim, atau siswa kurang mampu tetap bisa menikmati pendidikan dengan aman, tanpa terbebani dengan biaya komite dan lainnya,” ujar Muliardi dalam sambutannya. 

Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru, Agus Salim Tanjung MA didampingi Wakil Kepala Bidang Kesiswaan yang juga Ketua Tim Seleksi Beasiswa Tingkat Madrasah. Zendri Hendri MPd menyebutkan, beasiswa tersebut dihimpun oleh pengurus komite beserta orang tua/wali pelajar serta pengurus madrasah, untuk mendukung proses pembelajaran siswa yang berstatus yatim dan yatim piatu. 

“Adapun total bantuan beasiswa yang diberikan adalah sebesar Rp 47.040.000,” kata Agus.

“Program yang menyasar kepada 28 pelajar ini tentunya akan bertambah seiring telah dibukanya penerimaan pelajar baru mulai Tahun Ajaran 2023/2024 di Juli nanti,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa program tersebut merupakan program yang mendukung pelaksanaan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Kementerian Agama Republik Indonesia, yang salah satu sasarannya juga kepada pelajar Yatim Piatu dan Yatim, di samping juga untuk pelajar dari keluarga pra sejahtera. 

Di Tahun 2023 ini, ada 72 Pelajar MAN 4 Kota Pekanbaru telah diverifikasi dan divalidasi sebagai penerima Bantuan PIP. Jumlah Penerima PIP dari MAN 4 Kota Pekanbaru adalah yang terbanyak di tingkat MI, MTs dan MA se-Kota Pekanbaru. 

“Harapan kita dukungan para stakeholder dan shareholder akan memberikan akses manfaat, yang tidak hanya luas dampak kualitasnya, tapi juga banyak secara kuantitasnya”, tutur Agus yang juga Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Kota Pekanbaru. 

Di sela penyampaian Kuliah Umum kegiatan LDK bertopik "Level Up Yourself to be a Great Leader", Purwaji S.Sos yang juga Ketua Gerakan Pemuda Anshor Riau turut menyampaikan harapan. 

“Agar para penerima beasiswa, baik dari Program PIP maupun Cekatan dari MAN 4 Kota Pekanbaru, komit dengan kontrak beasiswanya, dan setia dengan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945 atau diakronimkan dengan PBNU”, pungkasnya.(mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index