Upaya Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Diskan Dumai Gelar Pelatihan Budikdamber

Upaya Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Diskan Dumai Gelar Pelatihan Budikdamber

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Sebagai upaya antisipasi peningkatan angka stunting di Kota Dumai, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Perikanan (Diskan) Dumai menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber), bertempat di Halaman Kantor Dinas Perikanan Kota Dumai, Selasa (14/3/2023).

Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini, SKM membuka secara resmi kegiatan pelatihan yang diikuti sebanyak 100 orang ibu-ibu yang mempunyai anak terkategori stunting.

Dijelaskan oleh Kepala Diskan Kota Dumai, Mukhlis Suzantri, S.Hut, T.MT, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara budikdamber.

Menurutnya, budikdamber dapat memotivasi dan membantu ibu-ibu mengurangi biaya hidup rumah tangga dalam pemenuhan gizi keluarga.

"Kami berharap, semoga kegiatan ini dapat menstimulan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan budidaya ikan, guna terpenuhinya gizi keluarga dan kedepan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber untuk kesejahteraan hidup," ucapnya.

Sementara itu, Hj. Leni Ramaini yang juga selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Dumai menghimbau kepada peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik sampai tuntas.

"Ibu-ibu yang mengikuti pelatihan ini adalah orang-orang yang beruntung, selain karena ilmunya luar biasa, budikdamber juga memberi kesempatan  kepada kita untuk lebih berdaya memanfaatkan pekarangan rumah. mohon ibu-ibu untuk mengikuti kegiatan ini sampai tuntas," tutur Hj. Leni.

Ia meyakini, pelatihan budikdamber ini dapat menghemat pengeluaran rumah tangga, seiring dengan terpenuhinya asupan gizi keluarga.

"Tidak menutup kemungkinan juga hasil budikdamber nantinya bisa menjadi salah satu peluang usaha yang akan meningkatkan perekonomian keluarga," imbuhnya.

Terakhir, ia berpesan agar pelatihan ini tidak hanya sekedar seremoni belaka, namun benar-benar diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

"Kami tidak mau kegiatan ini hanya seremoni saja, kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Elywarti, SKM mohon didata ibu-ibu peserta ini," pintanya. 

"Kedepan kita akan intruksikan kepada Pengurus PKK Kelurahan dan RT untuk memantau perkembangannya. TP PKK Kota Dumai pun insyaallah akan bergerak memantau sejauh mana implementasi budikdamber oleh para peserta," tambahnya lagi.

Peresmian pelatihan ditandai dengan penyerahan secara simbolis sarana dan prasarana untuk peserta, berupa paket budikdamber yang terdiri dari ember plastik 80 liter, benih lele, pakan lele, media tanaman dan bibit kangkung 1 kantong.

Turut hadir, Kepala OPD terkait dilingkup Pemko Dumai, Camat dan Lurah, Kepala Puskesmas, Sekretaris dan pejabat struktural dilingkup Diskan Kota Dumai.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index