Disdukcapil Sarankan Masyarakat Belalih untuk Penggunaan KTP Digital

Disdukcapil Sarankan Masyarakat Belalih untuk Penggunaan KTP Digital
Kepala Dinas Dukcapil Kuansing, H M Refendi Zukman

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)- Guna memudahkan masyarakat dalam beraktivitas, terutama terkait pengggunaan kartu Identitas diri atau KTP, sebaik nya dilakukan Aktifasi Identitas Kependudukan Digital melalui android. Hal itu di sampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kuansing, H M Refendi Zukman, belum lama ini di Teluk Kuantan.

Dijelaskan Refendi, Identitas Kependudukan Digital atau Digital ID adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan, terang Refendi yang juga mantan Kabag Kesra Setda Kuansing itu.

Dengan adanya identitas kependudukan digital pastinya banyak manfaat yang akan didapatkan oleh warga seperti mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik, dan mempermudah mengakses data anggota keluarga, selain itu manfaat dari Identitas kependudkan Digital dapat menghindari terjadinya pemalsuan data kependudukan sebab KTP merupakan identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan instansi pelaksana dan berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia ujar Refendi lagi.

Menurutnya Aplikasi IKD sangatlah mudah disematkan di gawai kita hal ini dapat langsung di download oleh masyarakat melalui  Play Store pada smartphone berbasis android ujarnya.

Lebih lanjut Refendi I mengajak "Bagi warga yang ingin mengaktivasi identitas kependudukan digital ini, bisa mendatangi petugas di Kantor Disdukcapil Kabupaten Kuantan Singingi  atau dating ke tempat-tempat pelayaanan keliling di kecamatan dan desa," Tutupnya.(R12)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index