Puluhan Ribu Warga Pekanbaru Tumpah Ruah di Tepian Sungai Siak

Puluhan Ribu Warga Pekanbaru Tumpah  Ruah di Tepian Sungai Siak
Ratusan pemuda berdiri berjejer memenuhi jembatan Siak II menyaksikan kemeriahan Petang Belimau, Rabu (22/3/2023).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Tiga tahun tanpa ada kemeriahan, tahun ini, puluhan ribu warga Kota Pekanbaru tumpah ruah memenuhi tepian Sungai Siak di kawasan Senapelan.

Mereka menikmati momen-momen kebersamaan dan silaturahmi menjelang masuk Bulan Suci Ramadhan  1444 Hijriyah.

Selain itu, tentu saja, mereka juga datang untuk menikmati keramaian, dan juga atraksi publik yang biasanya dilakukan oleh para pemuda di sekitaran tepian Sungai Siak yang dulu bernama Sungai Jantan.

''Senanglah, sudah beberapa tahun ta ada kegiatan Petang Belimau di Pekanbaru ini, baru tahun ini ada, jadi suasana ramainya itu yang bikin kita rindu,'' ungkap Sahri, salah seorang warga yang datang tepat di Taman Kota  yang dibangun khusus oleh Pemko Pekanbaru.

Di bawah jembatan Siak II, warga bisa menyaksikan bagaimana anak-anak muda, remaja, melakukan atraksi lompat dari atas jembatan yang tak jarang membikin jantung orang-orang yang menyaksikan berdebar.

Ada juga warga yang melemparkan uang untuk diambil oleh mereka yang punya nyali untuk terjun ke Sungai Siak yang terkenal dalam dan dasarnya memiliki pusaran.

Dari pantauan di lapangan, semenjak pukul 14.30 WIB, kawasan di sekitaran Pasar Bawah, Masjid Raya Pekanbaru, hingga kompleks rumah singgah Tuan Kadi sudah dipenuhi ribuan warga.

Konsentrasi warga awalnya sempat terfokus pada area Komplek Rumah SInggah Tuan Kadi yang dijadikan pusat seremoni puncak Petang Belimau yang juga dihadiri Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

Ribuan warga tumpah ruah di sekitaran Taman hijau di kawasan Senepelan untuk menyambut Petang Belimau.

Namun kemudian, menjelang petang, massa warga bergerak ke bawah Jembatan Siak II untuk menyaksikan atraksi lompat jembatan.

Dari atas jembatan, setidaknya terlihat ada ratusan remaja  berdiri berjejer dari dua sisi. Sebagian dari mereka ada yang melihat saja, namun bayak juga di antaranya yang nekat lompat dari atas jembatan yang tingginya lebih dari 15 meter tersebut.

Hingga menjelang pukul 18.00 WIB, ribuan warga masih tampak berdiri ditepian Sungai Siak untuk melihat aksi nekat tersebut, sembari menyaksikan momen mata hari terbenam di tepian Sungai Siak yang eksotis.

Sementara itu, selain di darat, personel kepolisian juga tampak siaga di atas kapal, speed boat maupun perahu karet untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hingga menjelang petang tadi, pelaksanaan Petang Belimau berlangsung aman dan lancar.(R05)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index