Unggas Mati di XIII Koto Kampar Positif Flu Burung

Unggas Mati di XIII Koto Kampar Positif Flu Burung
Ilustrasi ayam

BANGKINANG  (RIAUSKY.COM)- Pemerintah memastikan hasil uji laboratorium terhadap sampel unggas di XIII Koto Kampar yang mati mendadak, positif flu burung.

Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunnak Keswan) Kampar, Ali Sabri mengaku sudah mendapat informasi tentang hasil uji Laboratorium Balai Veteriner (BVet) Bukittinggi terkait  sampel itu dari kasus di Februari.

"Jadi, hasil uji lab itu adalah kejadian yang di bulan Februari. Sudah lama. Memang hasilnya positif flu burung," katanya dikutip dari Tribunpekanbaru.com, Sabtu (25/3/2023).

Menurut Sabri, ratusan unggas mati mendadak di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar pada Februari 2023 lalu. Seperti itik dan ayam.

"Ayam yang liar, yang tidak di dalam kandang juga mati," katanya. Ia mengklaim, kejadian serupa tidak terjadi lagi. Pihaknya sudah melalukan penanganan.

Terkair hasil positif flu burung atau Avian Influenza (H5N1), Sabri mengatakan, Disbunnak Keswan tetap akan menindaklanjutinya.

"Kita akan sosialisasikan," katanya.

Ia menjelaskan, informasi tersebut akan disebarluaskan kepada masyarakat. Disertai sosialisasi tentang cara beternak unggas yang benar. (R02)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index