Bukan Subsidi, Ini Yang Dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru Agar Harga Komoditas Pangan di GPM Tetap Murah...

Bukan Subsidi, Ini Yang Dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru Agar Harga Komoditas Pangan di GPM Tetap Murah...
Kepala DInas Ketahanan Pangan Pekanbaru, El Syabrina.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) memilki program Gerakan Pasar Murah (GPM). GPM ini menjual komoditas pangan yang langsung dibeli dari kelompok tani di Sumatera Barat (Sumbar).

"Jadi, program GPM ini bukan subsidi. Tetapi, kami memutus mata rantai perdagangan," kata Kepala Disketapang Kota Pekanbaru El Syabrina di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (28/3).

Misalnya, harga bawang merah Rp35.000 per Kg di Pekanbaru. Maka, Disketapang mencari daerah yang surplus bawang merah.

"Kami menemukannya di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Kami jalin kerja sama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Tanah Datar beberapa waktu lalu," jelas El Syabrina.

Dengan perjanjian kerja sama, Disketapang difasilitasi oleh Pemkab Tanah Datar dalam pembelian langsung komoditas pangan ke kelompok tani. Disketapang Pekanbaru tidak merugikan petani. Karena, harga yang dijual petani adalah harga yang dijual di pasaran.

"Kami sediakan transportasi untuk mengangkut komoditas pangan tadi dari Tanah Datar ke Pekanbaru. Jadi, kami tetap menjual komoditas pangan tadi sesuai harga jual dari kelompok tani di Pekanbaru. Selisih harganya cukup besar (dibandingkan hdi pasar tradisional)," jelas El Syabrina.(R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index