Sejumlah Ruas Tol Sumatera Yang Operasional Jelang Idul Fitri Nanti

Sejumlah Ruas Tol Sumatera Yang Operasional Jelang Idul Fitri Nanti
Ruas tol Indrapura/ BPJT

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri rapat kerja bersama Komisi V DPR RI membahas kesiapan infrastruktur dan transportasi mudik Lebaran tahun 2023 di Jakarta, Selasa (4/4/2023) lalu. 

Turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Menteri Basuki menjelaskan, kondisi seluruh ruas jalan tol yang dibangun oleh pemerintah, mulai dari pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan.

Spesifik untuk ruas tol Sumatera, Basuki menjelaskan, menjelaskan, ada 738 kilometer jalan tol yang siap operasional dan dilengkapi 27 tempat istirahat dan pelayanan.

Selain itu, juga ada  jalan tol baru di Sumatera yang bakal operasional. Seperti dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR adalah sebagai berikut:

1. Kuala Tanjung-Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi-SS Inderapura sepanjang 28,5 km.

2. Segmen Dolok Merawan- Sinaksak sepanjang 15,6 km.

3. Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 Blang Bintang-Baitussalam sepanjang 12,7 km

4. Binjai-Langsa Seksi 2 Stabat-Jalan Proklamasi sepanjng 7,2 km

5. Sp. Indralaya-Muara Enim Seksi Sp. Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 km.

"Komisi V DPR RI meminta Kementerian PUPR, Kementeran Perhubungan, BMKG, Basarnas, dan Korlantas Polri mengoptimalkan koordinasi dan sinergi lintas sektoral dalam persiapan dan pelaksanaan penyelenggaraan angkutan mudik Lebaran tahun 2023," kata Ketua Komisi V DPR RI Lasarus saat menyampaikan kesimpulan raker.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Jalan Bebas Hambatan Budi Harimawan Semihardjo, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Pantja Dharma Oetojo.(R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index