Muflihun Sidak Perbaikan Jalan SukaKarya, Minta Drainase Dibenahi

Muflihun Sidak Perbaikan Jalan SukaKarya, Minta Drainase Dibenahi
Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun telah meninjau progres perbaikan Jalan Suka Karya.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun telah meninjau progres perbaikan Jalan Suka Karya pasca dilakukan perbaikan jalan dengan sistem overlay atau pelapisan ulang. Ia telah mendatangi lokasi itu, pada Sabtu (20/5/2023). 

"Saya telah meninjau kondisi Jalan Suka Karya terkini. Saya ingin tahu sejauh mana progres perbaikan Jalan Suka Karya dan juga ingin tahu apa lagi kendala dan permasalahan di lapangan," ujar Muflihun dalam keterangan tertulis dikutip Senin (22/5/2023). 

Dikatakan dia, dari hasil peninjauan, untuk drainase belum tersambung antara satu dan lainnya. Mufhlihun khawatir ketika jalan sudah dioverlay tapi drainase belum dibenahi, maka dapat menyebabkan banjir. Dampaknya, aspal kembali rusak. 

"Kita akan koordinasi dengan Dinas PUPR dan karena keterbatasan anggaran, kita benahi dulu mana drainase yang bermasalah di Jalan Suka Karya ini," ujarnya. 

Diungkapkan Muflihun, untuk perbaikan jalan Suka Karya ini berasal dari APBD Kota Pekanbaru. Ini murni APBD dari rakyat dan untuk rakyat.

"Kita Pemko bersama DPRD mengalokasikan dari APBD tersebut untuk peningkatan overlay di Jalan Suka Karya," sebutnya.

Untuk tahun ini dikatakan Muflihun, Pemerintah Kota Pekanbaru juga mendapatkan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi untuk perbaikan 4 jalan yakni Jalan Parit Indah, Jalan Pemuda, Jalan Firdaus dan juga Jalan Firdaus.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur atas bantuan yang diberikan untuk perbaikan jalan di Kota Pekanbaru. Juga apresiasi kepada Sekdaprov yang sudah membantu," jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan progres untuk 0-700 meter sudah dilakukan overlay. Namun, masih ada kendala parit yang masih direvitalisasi dan rekondisi terhadap parit yang ada. 

"Ada beberapa titik yang ada kita lakukan rekayasa lapangan pertama, ini ada beberapa titik yang mesti kita bongkar dan kita bobok  lagi. Jadi disini nanti ada perbaikan terhadap drainase itu sendiri," ujar Edu Sapaan akrabnya.

Untuk itu pihaknya berharap sambil berjalan keduanya (overlay dan perbaikan drainase), bisa dilakukan dengan baik. 

"Untuk parit yang bermasalah itu, parit besar ada sekitar 5 parit yang arah belakang sana. Masalahnya volume parit dengan debit air berbeda. Kemudian ada beberapa yang patah dan tak tersambung ke arah parit sekunder yang ada sampai ke ujung," sebutnya.

"Kemudian volume ini tak sama dari ujung ke ujung terhadap besaran paritnya. Jadi ini yang mesti dirapikan lagi," imbuhnya.

Ke depan pihaknya akan melakukan pengecekan seperti apa jalurnya. Tapi untuk progres terhadap Suka Karya ini pihaknya sudah melakukan perbaikan di beberapa titik yang menjadi titik penyumbatan. 

"Jadi kita pembersihan, sedimen juga pembongkaran beberapa titik," pungkasnya.

Tak hanya melakukan peninjauan jalan Suka Karya, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pertemuan dialog dengan para ketua RT/RW dan Camat Tuah Madani membahas sinergitas dengan Pemko Pekanbaru.

Hadir mendampingi Pj Wali Kota, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Kepala Dinas Kominfotiksan Pekanbaru Raja Hendra Saputra dan juga Camat Tuah Madani Nurhasminsyah.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index