Beras Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II Mulai Didistribusikan

Beras  Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II Mulai Didistribusikan
Ilustrasi beras CPP yang disalurkan untuk masyarakat.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemerintah melalui Perum Bulog, PT Pos, Kecamatan dan Kelurahan, juga Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) mulai mendistribusikan pasokan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II tahun 2023.

Proses penyaluran bantuan tahap II yang diperuntukkan pada alokasi bulan April-Mei mulai dilaksanakan pada 20 Mei dan diperkirakan tuntas pada 29 Mei yang akan datang.

Hal tersebut diungkapkan Kapala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Disketapang Pekanbaru, Dinal Husna, Selasa (23/5/2023).

Dijelaskan Dinal Husna, untuk tahap II ini, penyaluran bantuan pangan oleh pemerintah ini  dilakukan melalui Pos.

Diakui dia, memang ada perubahan terkait lokasi penyaluran distribusi bantuan program pemerintah ini, sebelumnya, pendistribusian dilaksanakan di Kecamatan dan kelurahan dengan tujuan agar lebih dekat dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Hanya saja, jelas dia, dalam prosesnya sejauh ini, tidak semua warga calon penerima yang terdata oleh pemerintah datang untuk mengambil alokasi bantuan. Sehingga, tak jarang, bersisa dan itu harus dibawa kembali ke Kantor Pos.

''Kadang ada yang hanya tersalurkan sebanyak 75 persen, sehingga sisanya harus dibawa kembali dari kecamatan atau kelurahan ke Kantor Pos,'' ungkap Dinal.

Karena itulah, sebut dia, untuk tahap II ini, pendistribusian akan dilakukan di Kantor Pos. Namun, tidak menutup kemungkinan pada kecamatan dan kelurahan yang benar-benar sudah siap, dilaksanakan di lokasi yang dekat dengan masyarakat.

Pendistribusian bisa dilaksanakan  di Kantor Pos, kelurahan maupun kecamatan, tergantung kesepakatan Pos, camat dan lurah. Jadi kegiatan ini melibatkan TKSK karena penerima melibatkan data PKH Dinas Sosial.

Dinal menjelaskan, program Bantuan Cadangan Pangan oleh Presiden Joko Widodo ini, sebenarnya sangat membantu bagi masyarakat. Karena disini, pemerintah mengalokasikan bantuan langsung berupa pangan, baik itu beras, atau bisa juga telur dan daging.

''Untuk Tahap I lalu, bentuk bantuannya adalah 10 kilogram beras. Begitu pun untuk Tahap II, berupa beras. Untuk tahap selanjutnya, tidak tertutup kemungkinan bantuan berupa telur atau daging.

Secara total di seluruh Indonesia, program Cadangan Pangan Pemerintah berupa  bantuan pangan beras, diberikan  kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Dari jumlah tersebut, khusus di Kota Pekanbaru, ada sebanyak 21.222 KPM.

''Masing-masing KPM mendapat bantuan 10 kilogram selama 3 bulan dan disalurkan melalui Bulog dan didistribusikan PT Pos Indonesia,'' ungkap Dinal.

Dalam realisasi penyaluran Tahap I lalu, jumlah yang tersalurkan sudah 100 persen. ''Untuk Tahap II, saat ini masih berjalan dan akan berakhir menjelang Akhir Mei 2023 ini,'' singkat dia.(*)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index