Pemkab Pelalawan Siapkan 11 Bus Antar 409 Jamaah Haji ke Embarkasi Pekanbaru

Pemkab Pelalawan Siapkan 11 Bus Antar 409 Jamaah Haji ke Embarkasi Pekanbaru
Bupati Pelalawan HM Zukri saat pelepasan keberangkatan Jemaah Haji Pelalawan.

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM)- Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pelalawan dijadwalkan berangkat pada 29 Mei mendatang untuk gelombang pertama.

Sedangkan gelombang kedua bertolak pada 21 Juni nanti.

Total JCH asal Pelalawan sebanyak 409 orang ditambah dengan rincian laki-laki 196 orang dan perempuan 213 jamaah.

Ditambah denagn Pendamping Haji Daerah (PHD) Pelalawan 2 orang dan PHD Provinsi Riau 1 orang.

Keberangkatan dalam dua gelombang, pertama masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 11 yang semuanya warga Pelalawan mencapai 366 jamaah dan 3 petugas. Sedangkan gelombang kedua tergabung pada Kloter 32 sebanyak 43 jamaah

Untuk mengantar jamaah haji dari Pelalawan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyiapkan transportasi yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.

Pemda memang setiap tahun membantu jamaah haji perihal pengantaran dari tempat asal ke embarkasi sementara di Kota Pekanbaru.

"Tota bus yang kita siapkan ada 11 unit. Untuk mengantar semua JCH ke Kota Pekanbaru sesuai dengan jadwal keberangkatannya," beber Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, Amri Juharza dikutip dari tribunpekanbaru Rabu (24/5/2023).

Amri menerangkan, sebanyak 9 bus disiapkan untuk keberangkatan jamaah gelombang pertama pada 29 Mei nanti.

Sekitar pukul 06.30 wib jamaah sudah masuk ke dalam bus dengan titik kumpul di Mesjid Agung Ulul Azmi Pangkalan Kerinci.

Seremoni pelepasan digelar sebentar untuk memberangkatkan para tamu Tuhan itu. Bus akan membawa mereka menuju Embarkasi sementara di Kota Pekanbaru.

Sedangkan keberangkatan gelombang kedua pada 21 Juni sebanyak 43 orang. Pemda menyiapkan 2 bisa untuk membawa rombongan jamaah ke Kota Pekanbaru. Dari Kota Pekanbaru, jemaah akan terbang ke Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Yang kita tanggungan hanya transportasi darat saja, dalam artian bus yang membawa jamaah dari daerah asal ke embarkasi di Pekanbaru," beber Amri Juharza.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pelalawan, Drs Jisman MA menyampaikan, keberangkatan gelombang pertama jamaah harus sudah sampai di Mesjid Ulul Azmi subuh hari sambil shalat subuh bersama.

Kemudian masuk ke bus dan berangkat ke embarkasi sementara Pekanbaru dan diperkirakan masuk embarkasi sekitar pukul 08.00 wib.

Selanjutnya, pada pukul 02.00 wib tanggal 30 Mei, jamaah terbang dari Bandara SSK ll Kota Pekanbaru menuju Bandara Hang Nadim Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Di Batam jamaah akan transit dan pindah pesawat untuk terbang ke Arab Saudi. Dengan jarak tempuh kurang lebih 8 jam perjalanan," papar Jisman.

Keberangkatan gelombang kedua juga tidak jauh berbeda. Namun jamaah Pelalawan bergabung dengan jamaah dari daerah lain pada Kloter 32 ini.(R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index