Hadiri Seremoni Pelepasan Jemaah Calon Haji, Asisten III: Persiapkan Mental, Materi, dan Pengetahuan

Hadiri Seremoni Pelepasan Jemaah Calon Haji, Asisten III: Persiapkan Mental, Materi, dan Pengetahuan

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Sebanyak 137 jemaah haji mengikuti Seremoni Pelepasan Jemaah Calon Haji Kota Dumai  tahun 2023 M / 1444 H dengan tema "Semoga Memperoleh Haji yang Mabrur dan Mabrurah", Kamis (25/5)

Acara yang berlangsung di Balai Sri Bunga Tanjung (Pendopo) itu, dihadiri Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Dumai, Syafie, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Dumai, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Dumai, Alfian.

Dalam sambutannya pada acara seremoni pelepasan jemaah calon haji ini, Syafie mengungkapkan, pelaksanaan ibadah haji adalah bagian dari Rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang yakni muslimin dan muslimat yang mampu untuk melaksanakannya.

Menurutnya, ibadah ini tentunya harus di dukung oleh adanya kemampuan ekonomi yang memadai, sehat jasmani dan rohani, serta adanya bekal pengetahuan tentang agama, khususnya seluk-beluk pelaksanaan ibadah haji yang memadai.

"Karena kita meyakini bahwa setiap amal perbuatan itu jika tidak dilandasi oleh ilmu yang cukup, maka tidak mendapat apa-apa selain ritualitas semata," ucapnya.

Maka dari itu, mewakili Wali Kota Dumai, Paisal, Syafie berpesan kepada jemaah calon haji yang akan berangkat agar dapat mempersiapkan mental, materi, terlebih lagi persiapan yang berkaitan dengan ilmu pengetahun (manasik haji).

"Selain itu, kami juga berharap para jemaah calon haji mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik bagi yang akan berangkat dan juga bagi keluarga yang ditinggalkan, sehingga jemaah yang berangkat dapat secara khusyuk melaksanakan rukun haji tanpa dibebani hal-hal yang dapat mengganggu jalannya proses pelaksanaan ibadah tersebut," tuturnya.

Terakhir, Asisten III Setdako Dumai mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji kepada jemaah yang akan diberangkatkan pada tanggal 31 Mei mendatang.

"Semoga jemaah haji selalu diberikan kesehatan dan kekuatan lahir dan batin di Tanah Suci Mekkah," harapnya.

Disisi lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai, Alfian mengajak kepada segenap hadirin yang hadir untuk sama-sama mendoakan untuk jemaah calon haji Kota Dumai.

"Semoga bapak ibu dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji dari awal hingga akhir, dan diberi kesehatan, keselamatan serta mendapatkan predikat Haji yang Mabrur, serta seluruh jamaah Haji dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat," pungkasnya.

Dalam acara seremoni, prosesi Tepuk Tepung Tawar mewarnai proses persiapan pemberangkatan ibadah jemaah calon haji, sebagai wujud rasa syukur dan harapan agar ibadah jemaah calon haji mendapat rahmat dan ridho dari-Nya, serta terhindar dari mara bahaya.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index