Ajak LSM dan Media Mengawasi, Muflihun Wanti-wanti Sekolah: Jangan Ada Pungutan Saat PPDB

Ajak LSM dan Media Mengawasi, Muflihun Wanti-wanti Sekolah: Jangan Ada Pungutan Saat PPDB
ILustrasi PPDB.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun  mewanti-wanti pihak sekolah soal adanya pungutan terhadap praktik penerimaan siswa baru. 

Muflihun mengatakan dia  tak menginginkan lagi ada pungutan liar (pungli) di lingkungan sekolah.

Hal itu ia sampaikan menyikapi dugaan pungli yang kerap terjadi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baik di tingkat sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP) negeri.

"Kita tak ingin lagi ada pungli di tiap-tiap sekolah," ucapnya, Senin (29/5/2023).

Untuk itu, ia mengajak masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) hingga media agar sama-sama melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2023/2024 yang sebentar lagi dilaksanakan.

"Silahkan nanti masyarakat atau teman-teman LSM, wartawan, kalau memang ada yang masih pungli, saya kalau kepala sekolah yang pungli, saya ganti, saya rolling, saya mutasikan," tegas dia.

Disampaikan Muflihun, praktik pungli di sekolah mesti diberantas mengingat pendidikan merupakan salah satu pelayanan dasar yang harus dipenuhi pemerintah.

"Jadi kami harapkan nanti bantu Pemko Pekanbaru. Kalau ada pungli di sekolah, laporkan. Kita akan beri sanksi tegas kepada kepala sekolahnya," tutupnya.(R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index