Dinsos Berupaya Seluruh Masyarakat Miskin Masuk dalam Daftar Penerima Jaminan Kesehatan

Dinsos Berupaya Seluruh Masyarakat Miskin Masuk dalam Daftar Penerima Jaminan Kesehatan
Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus berupaya seluruh masyarakat miskin di Pekanbaru masuk ke dalam Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK).

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus, M.Ag, Selasa (30/5) mengatakan, saat ini sekitar 83 persen masyarakat Pekanbaru sudah memegang kartu BPJS.

Pihaknya akan berupaya sekitar 14 hingga 15 persen lagi masyarakat di Pekanbaru, khususnya masyarakat miskin masuk dalam penerima jaminan kesehatan.

"Saat ini lebih kurang 83 persen, tinggal lagi kita mencari lebih kurang 15 atau 14 persen lagi untuk masuk ke BPJS. Tapi yang kita upayakan saat ini adalah masyarakat miskin. Karena yang terbanyak yang belum masuk itu adalah masyarakat miskin. (Pemegang kartu jaminan kesehatan) Disaat mereka sakit, tentunya apabila dia berobat ke rumah sakit, insyaallah gratis semuanya," kata Idrus.

Dinas Sosial Pekanbaru, disampaikan Idrus, sudah mengajukan data 12.088 warga tidak mampu yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) ke Kemensos lewat Aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG), sebagai penerima bantuan iuran jaminan kesehatan.

Disebutkan, saat ini 146.336 masyarakat tidak mampu di DTKS masuk dalam PBIJK.

"Data DTKS kita hari ini lebih kurang sekitar 268.000, data ini bergerak terus, kalau KK nya ada sekitar 98.000 KK," ujar Idrus.(R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index