CATAT! Jadwan PPDB SD dan SMP di Pekanbaru Dimulai pada 26 Juni

CATAT! Jadwan PPDB SD dan SMP di Pekanbaru Dimulai pada 26 Juni

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Para calon peserta didik bisa mulai mempersiapkan diri jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023. Jadwal PPDB untuk SD negeri dan SMP negeri di Kota Pekanbaru bakal berlangsung mulai 26 Juni 2023 mendatang.

"Yang secara online hanya PPDB SMP negeri, sedangkan yang SD negeri tidak," terang Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal.

Dirinya menjelaskan bahwa sesuai dari surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI sistem PPDB masih secara zonasi. Ia menjelaskan ada tiga jalur dalam PPDB kali ini yaitu jalur zonasi bagi masyarakat setempat, jalur affirmasi bagi masyarakat miskin, jalur pindah luar kota dan jalur prestasi.

Ada juga jalur Hafidz Quran bagi peserta didik yang hendak masuk SMP Negeri. Mereka yang hafal dua hingga lima juz disarankan oleh dinas pendidikan agar bisa diterima di SMP negeri pilihannya.

"Bisa diterima langsung di SMP negeri, kalau dia memang Hafidz Quran dua atau lima juz," kata Kadisdik.

Jamal belum membeberkan jumlah kuota dalam PPDB di SD negeri maupun di SMP negeri. Ia memperkirakan ada penurunan kuota dalam PPDB tahun ini.

"Jumlahnya masih kita hitung secara rinci, apalagi ada dua SMP baru, yang bakal menerima peserta didik baru," ujarnya.

Dirinya mengatakan bahwa saat ini segera memasuki tahap sosialisasi kepada calon peserta didik. Pihaknya segera menyampaikan tautan untuk PPDB tingkat SMP negeri.(R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index