Peringati Hari Lahir Pancasila, Afrizal Sintong Menjadi Inspektur Upacara, Ini Amanah Presiden

Peringati Hari Lahir Pancasila, Afrizal Sintong Menjadi Inspektur Upacara, Ini Amanah Presiden
Bupati Rohil Afrizal Sintong bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 di Kota Bagansiapiapi.

BAGAN SIAPIAPI (RIAUSKY.COM)-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara peringatan Hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang dipusatkan di depan Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi. 

Dalam upacara tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara peringatan Hari lahir Pancasila yang mengusung tema "Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan Global " tersebut tampak dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr (Han), Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Polres Rohil, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, para Asisten, Kepala OPD, OKP, Ormas dan berbagai unsur lainnya.

Dalam amanat Presiden RI yang di bacakan Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung merupakan falsafah dasar, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai bintang penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Pancasila lanjutnya, digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan pancasila, sehingga pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai bekerja sama dan saling menghormati berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional bhinneka tunggal Ika.

Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Para pendiri negara telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

"Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini marilah kita bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik cinta tanah air serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," katanya.

Atas nama seluruh rakyat Indonesia Presiden juga menyampaikan terimakasih dan penghormatan setinggi-tingginya ke para-para pounding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini.

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara," sebutnya.

Presiden juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Forkopimda dan seluruh peserta upacara yang telah hadir dan mengajak seluruh komponen untuk senantiasa mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.(R15)
 

Berita Lainnya

Index