Pemprov Riau Harap UMKM Ramaikan Rakernas LPM RI

Pemprov Riau Harap UMKM Ramaikan Rakernas LPM RI

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Provinsi Riau berharap, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan BUMN serta BUMD dapat menampilkan produk unggulannya pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Republik Indonesia (LPM RI) mendatang. Diadakan di Pekanbaru, Pemprov Riau berharap produk-produk terbaik itu dapat membawa nama baik Riau.

"Mudah-mudahan BUMN, BUMD yang hadir disini bisa menampilkan UMKM binaannya. Tolong tampilkan, kami siap jika bapak dan ibu butuh surat khusus untuk jajaran direksinya," harap Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, M Job Kurniawan saat memimpin rapat di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis(7/9/2023).

Job Kurniawan mengatakan, rapat persiapan kali ini lebih banyak membahas tentang kegiatan Expo yang akan dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan Rakernas. Mengenai kegiatan utama sendiri, sudah dibahas di rapat-rapat sebelumnya.

Ditambahkan Job, kegiatan expo atau pameran dagang banyak yang baru terjadi akhir-akhir ini. Seperti BBWI, ada juga Kenduri Riau. sudah pernah ada event yang mirip.

"Event-event seperti expo ini banyak yang sudah dilaksanakan di Riau. Seperti BBI/BBWI (Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia), Kenduri Riau," jelasnya.

Selain Expo, akan ada juga kegiatan Jalan Santai Sehat. Mengenai ini, Job optimis kegiatan tersebut akan ramai. Dijelaskannya, di setiap pagi akhir pekan, masyarakat sudah banyak berkumpul untuk melakukan car free day.

"Di Car Free Day itu, sudah banyak juga masyarakat yang berjualan. Nantinya, tinggal diperkuat pengamanan dan penataannya, maupun diperbanyak stand UMKM dari binaan BUMN dan BUMD," imbuhnya.

Ketua Panitia RAKERNAS 2023, Basri, mengatakan, acara RAKERNAS ini akan dihadiri oleh perwakilan LPM dari kurang lebih 34 provinsi.

"Acara Rakernas ini akan dihadiri beberapa menteri, seperti Menteri Dalam Negeri, Menteri Koperasi, Ketua MPR, dan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Insyaallah," jelasnya.

Dilanjutkan Basri, dalam rangkaian kegiatan temu LPM ini, ada juga rangkaian jalan sehat. Diprediksikan akan ada kurang lebih 7.000 massa yang akan hadir.

Basri berharap, event RAKERNAS ini dapat membangun sinergitas serta akselerasi terhadap kegiatan ekonomi di Pekanbaru.

"Kami meminta dukungan stake holder berbagai pihak, khususnya OPD, BUMD, BUMN, maupun pihak korporat Provinsi Riau dalam menyukseskan expo yang akan digelar," ujar Basri.

Rakernas ini akan membahas perkembangan ekonomi masyarakat maupun pengusaha. Direncanakan, Rakernas tersebut akan dilaksanakan tanggal 22-24 September 2023 mendatang si Hotel Grand Elite Pekanbaru.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index