Penyuluhan Kesantunan Linguistik pada Siswa SMP Negeri 1 Tualang

Penyuluhan Kesantunan Linguistik  pada Siswa SMP Negeri 1 Tualang

SIAK (RIAUSKY.COM) - Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 22 September 2023 di SMP Negeri 1 Tualang. Pelaksanaan PkM merupakan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Kegiatan PkM ini beranggotakan tiga orang dosen yakni Dr. Rika Ningsih, S.Pd., M.Pd. sebagai ketua tim, Dr. Fatmawati, S.Pd., M.Pd. dan Mimi Yulianti, S.Pd., M.Pd. dan sebagai anggota serta dua orang mahasiswa yakni Nur Fatikhah dan Sylvia Pratama Devi. Kelima orang ini yang bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan PkM yang mengusung judul Penyuluhan Kesantunan Linguistik  pada Siswa SMP Negeri 1 Tualang.  

Kegiatan PkM ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran tim akan degradasi kesantunan berbahasa siswa, khususnya anak remaja. Berada pada zaman yang memiliki perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat membuat generasi muda cenderung melupakan budaya ketimuran, salah satunya kesantunan dalam berbahasa. Hal ini terlihat dari kebiasaan anak-anak yang suka mengolok-olok, mengejek dengan kata-kata kasar, dan memerintah dengan nada bicara yang keras. Hal ini tentu menimbulkan keprihatinan, baik di kalangan masyarakat maupun lingkungan pendidikan. Permasalahan yang sama biasa terjadi pada anak-anak remaja dimanapun mereka berada tidak terkecuali pada siswa SMPN 1 Tualang. Untuk itu, kami dari Tim PkM merasa permasalahan kesantunan ini permasalahan yang cukup krusial dalam dunia Pendidikan. Sehingga kami merasa perlu mengadakan penyuluhan terkait kesantunan linguistikpada siswa SMPN 1 Tualang ini.

Kesantunan berbahasa  merupakan  salah  satu  pondasi  dalam  terbentuknya  karakter.  Untuk  itu, kesantunan  berbahasa  tentu  tidak  dapat  diabaikan  dalam  dunia  pendidikan  terutama  di  masa-masa remaja seorang anak. Keberhasilan  pelatihan  kesantunan berbahasa  ini  tentunya  tidak  terlepas  dari  kerja  sama  tim  PkM  dan  guru  yang  berinteraksi secara langsung dalam waktu yang cukup lama dengan siswa

Kepala SMP Negeri 1 Tualang, Ibu Nurjamliah, S.Pd., M.Pd. menyambut hangat kedatangan tim PkM. Beliau memberikan apresiasi yang besar kepada tim yang sudah menyediakan waktu untuk melaksanakan kegiatan PkM. Beliau berharap kegiatan PkM dilakukan secara berkelanjutan di sekolah yang beliau pimpin.

Kegiatan PkM ini dimulai dengan penyampaian materi tentang kesantunan berbahasa dan kesantunan linguistik. Tahap selanjutnya adalah diskusi dan tanya jawab dengan siswa. Semua siswa terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan PkM. Di akhir kegiatan, tim PkM memberikan angket kepada para siswa untuk mendapatkan informasi bagaimana mereka mengimplementasikan kesantunan berbahasa dan kesantunan linguistik dalam kehidupan mereka.(r)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index