Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UIR Adakan Pelatihan Pembuatan E-book Materi Ajar Berbasis Anyflip bagi Guru-guru SMA Negeri 2 Tapung Hilir

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UIR  Adakan Pelatihan Pembuatan E-book Materi Ajar Berbasis Anyflip   bagi Guru-guru SMA Negeri 2 Tapung Hilir

KAMPAR (RIAUSKY.COM) - Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Riau mengadakan Pengabdikan kepada Masyarakat bagi guru-guru di SMA Negeri 2 Tapung Hilir. Kegiatan yang dilakukan adalah “Pelatihan Pembuatan E-Books Materi Ajar Berbasis Anyflip Bagi Guru-Guru SMA Negeri 2 Tapung Hilir.” Pengabdian ini dilatarbelakangi pentingnya penguasaan kompetensi guru di era digital berkaitan materi ajar berbasis digital.  Dari kegiatan ini difokuskan bagaimana meningkatkan kompetensi digital guru-guru yang ada di SMAN 2 Tapung Hilir. Pengabdian ini merupakan sarana bagi guru-guru dalam mengembangkan kompetensinya terutama dalam menyediakan materi ajar yang berbasis digital.  Oleh karena itu, guru perlu melakukan pembaharuan terhadap desain pembelajaran khususnya dalam bidang pembuatan e-book materi ajar berbaiss digital agar pembelajaran masa depan menjadi kreatif dan inovatif. Pelaksanaan pelatihan ini diketuai oleh Dr. Asnawi, S.Pd., M.Pd. dengan anggota beberapa dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Riau.

Berdasarkan hasil kegiatan dapat diketahui bahwa guru-guru SMAN 2 Tapung Hilir sudah memiliki kemampuan dalam merancang dan menciptakan materi ajar berbasis digital Kegiatan ini dilakukan di SMAN 2 Tapung Hilir yang beralamat di Jalan Patiimura, Kijang Makmur, Tapung Hilir, Kabupaten Kampar. Kegiatan ini dimulai dari penyampaian materi oleh Dr. Asnawi, S.Pd., M.Pd. dan selanjutnya dilakukan proses pendampingan oleh anggota tim dalam proses perancangan dan pembuatan materi ajar berbasis anyflip. Selanjutnya, peserta melakukan latihan perancangan dan pembuatan e-book materi ajar berbasis digital dengan bantuan dari pendamping secara bersama-sama. Selanjutnya, untuk mengukur pemahaman dan keterampilan peserta dilakukan evaluasi dan penilaian dari dokumen e-book materi ajar pembelajaran dan praktik penerapannya.
Sebelum kegiatan penutup, dilakukan survei kepuasan peserta pelatihan terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Dari hasil angket yang didistribusikan dapat dinyatakan bahwa peserta senang dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini dikarenakan kegiatan ini bermanfaat dalam proses pembelajaran untuk menghadapi tantangan pembelajaran masa depan. Dari informasi tersebut dapat dinyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi guru-guru SMAN 2 Tapung Hilir dalam mempersiapkan proses pembelajarn masa depan yang lebih baik dan cemerlang.(r)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index