Digelar 2 Hari, Universitas Abdurrab dan STIE Iqra Annisa Pekanbaru Wisuda 688 Mahasiswa

Digelar 2 Hari, Universitas Abdurrab dan STIE Iqra Annisa Pekanbaru Wisuda 688 Mahasiswa
Dok. Istimewa

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Universitas Abdurrab (Univrab) dan STIE Iqra Annisa kembali melaksanakan wisuda 688 sarjana program Diploma III (DIII), strata satu (S1) dan profesi dokter di Gedung Susiana Tabrani Convention Hall (STCH), Jalan Bhakti Pekanbaru, Rabu-Kamis (15-16/11/2023).

Adapun para lulusan berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Teknik, STIE Iqra Annisa dengan rincian D3 Analis Farmasi dan Makanan, D3 Analis Kesehatan, D3 Fisioterapi, D3 Kebidanan, D3 Keperawan, S1 Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Psikologi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Sipil dan S1 Ekonomi Islam, S1 Farmasi.

Prosesi wisuda turut dihadiri Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani M.Pd, Ketua Yayasan Abdurrab dr Irvan Tabrani MKes, Rektor Univrab Prof Susi Endriani S.Si MSc PhD, para wakil rektor, Ketua STEI Iqra Annisa Dr Budi Trianto SE MSi, dekan, wakil dekan dan ketua prodi di lingkungan Univrab, LLDIKTI X, Konsulat Malaysia, serta tamu undangan lainnya.

Pembina Yayasan Abdurrab Dr.dr. Susiana Tabrani, M.Pd mengatakan memang proses wisuda dilakukan selama dua hari mengingat banyaknya wisudawan serta keluarga yang datang, hari ini ada sebanyak 337 dari 688 mahasiswa yang diwisuda dari S1 dan Profesi, dan pada kamis dilanjutkan wisuda mahasiswa D3 dan Mahasiswa STIE Iqra Annisa.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah melaksanakan wisuda, dilanjutkan kembali besok, tentunya kami berharap lulusan Universitas Abdurrab ini mampu berkiprah di tengah masyarakat, namun yang terpenting adalah bagaimana mendahulukan adab, bagaimana adab kepada allah, rasulullah, Alquran, shalat lima waktu," ujarnya.

Selain itu, selain melanjutkan pendidikan, dia pun berharap agar para wisudawan bisa mengembangkan jiwa entrepreneurship, mengingat masih tingginya angka pengangguran di Riau sehingga alumni-alumni Univrab bisa membuka lapangan pekerjaan yang baru.

"Alumni kita jumlahnya 7.651 orang yang tersebar dan sudah bekerja di Riau, luar Riau hingga internasional," tegasnya.

Ke depan, Susiana berharap kampus ini akan semakin baik apalagi saat ini menuju universitas unggul, sehingga diperlukan kerja keras untuk mewujudkan itu semua.

"Saat ini selain mengejar akreditasi, kita juga mengembangkan kampus-kampus kita, baik di Kampus I di Jalan Riau, lalu di Kampus III di Rimbo Panjang dan juga rencana pengembangan Kampus IV di Muara Fajar.

Di sisi lain, Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini SSi MSc PhD juga berjarap para alumni Univrab bisa menjadi pembeda di tengah banyaknya sarjana yang lahir setiap tahunnya.

"Kami berharap mereka para profesional muda yang memiliki nilai-nilai Rabbani, Amanah dan Beradab, kalau sarjana banyak, universitas lainnya juga menghasilkan sarjana, tapi alumni Univrab selain unggul di segi kompetensi, juga memahami budaya melayu serta memiliki nilai-nilai Rabbani, Amanah dan Beradab," harapnya.

Untuk mendukung itu semua, Univrab sudah berusaha maksimal memperikan yang terbaik, baik dari modal kompetensi, kemudian menyesuaikan dengan program kampus Kampus merdeka-merdeka belajar, belajar di luar kampus sebanyak 20 SKS, ada juga program magang dan tentunya ada tambahan Fardu Ain dan Fardu Kifayah yang membedakan alumni Univrab dengan yang lainnya.

Terkait dengan kebijakan skripsi, saat ini menurutnya Univrab masih menggunakan skripsi, namun ke depan pihaknya akan berusaha menyesuaikan bisa tanpa skripsi atau tetap pakai skripsi, nanti akan dicarikan formatnya, bisa dengan menulis di jurnal nasional atau internasional atau format lain pengganti skripsi. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index