BESOK! DKP Pekanbaru Gelar Gerakan Pangan Murah di Kelurahan Tuah Negeri Tenayan Raya

BESOK!  DKP Pekanbaru Gelar Gerakan Pangan Murah di Kelurahan Tuah Negeri Tenayan Raya

PEKANBARU-  Dalam upaya mendukung stabilisasi harga pasikan bahan pangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekabaru, besok, Kamis (16/11/2023) pagi kembali akan melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM).

Sejumlah komoditas bahan pangan akan disediakan pada GPM yang akan dilaksanakan di Lapangan Kantor Lurah Tuah Negeri Lama di Jalan Budi Luhur Kelurahhan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Maisisco melalui Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Dinal Husna mengungkapkan, ada sejumlah komoditas pangan yang akan disediakan pada GPM kali ini. Masing-masing di antaranya adalah, cabai merah, bawang merah, beras SPHP, minyak goreng Minyakita,  telur ayam juga gula dan pangan olahan ayam  dengan harga distributor juga berbagai frozen food.

Untuk harga pangan yang disediakan, dijelaskan Dinal, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Bank Indonesia, Bulog dan  beberapa stake holder ini  dipastikan lebih murah dibandingkan dengan harga komoditas sejenis di pasar.

Dia mencontohkan, untuk beras SPHP, pihaknya memberikan harga Rp53.000 per kemasan 5 kilogram,  kemudian minyak goreng minyakita seharga Rp13.000 per liter, telur ayam Rp23.000 per 1/2 papan serta gula puan berseri seharga Rp15.000 per kilogram.

Sementara itu, untuk cabai merah dan bawang merah, akan ditawarkan sesuai harga petani.

''Kami berupaya memberikan harga yang lebih murah kepada masyarakat dengan cara memotong jalur distribusi sejumlah komoditas, di antaranya cabai dan bawang. Jadi masyarakat akan dapat membeli dengan harga yang langsung diberikan petani, atau bukan harga pasar,'' kata dia.

Dinal mengajak seluruh masyarakat di Kelurahan Tuah Negeri Tenayan Raya untuk bisa memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan pangan keluarga dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang pastinya terjamin.

''Kita akan mulai pada pagi hari, karena itu, supaya tidak ketinggalan, kita mengajak untuk bisa berbelanja pada pagi hari,'' kata dia.

Terakhir sekali, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) pada pertengahan Oktober 2023 lalu, dimana antusiasme masyarakat untuk mendapatkan komoditas pangan yang disediakan sangat tinggi.

Setidaknya 6 ton beras dan komoditas pangan lainnya ludes dibeli warga hanya dalam hitungan beberapa jam saja.(*) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index