Komitmen Pelayanan Publik Terbaik, Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Penyelenggara MPP Kategori Prima

Komitmen Pelayanan Publik Terbaik, Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan Penyelenggara MPP Kategori Prima
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menerima Penghargaan Pelayanan Publik tahun 2023 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali mendapatkan  apresiasi atas inovasi dalam pelayanan publik.

Terbaru, pada hari ini, Selasa (21/11/2023), Pemerintah Kota Pekanbaru mendapatkan penghargaan atas Pelayanan Publik tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan ini diberikan sebagai Daerah Penyelenggara Mal Pelayanan Publik (MPP) Kategori Prima tahun 2023. Capaian ini merupakan apresiasi atas pelayanan prima di MPP Pekanbaru.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun S,STP, MAP menerima langsung piagam penghargaan ini dari Menpan RB, Abdullah Azwar Anas dalam prosesi penyerahan piagam penghargaan yang berlangsung  di Hotel Bidakara Jakarta.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan bersamaan dengan peresmian secara serentak sejumlah Map Pelayanan Publik di Tanah Air serta peluncuran Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNas).

Adapun Penghargaan MPP berkinerja prima diukur dengan berbagai indikator, di antaranya adalah dampak keberadaan MPP terhadap peningkatan investasi, kualitas penyelenggaraan MPP, kepuasan masyarakat, dan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas MPP.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan MPP di tahun 2023 ini, sebanyak 10 MPP berhasil mendapatkan kategori prima, dan salah satunya adalah Kota Pekanbaru,” ungkap Menteri Abdullah Azwar Anas

Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Muflihun SSTP, MAP menyampaikan rasa haru dan bangganya, atas prestasi yang diperoleh dari pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk Kategori Prima ini.

Muflihun tidak henti mengungkapkan rasa syukur atas prestasi bagi MPP Pekanbaru.

Apalagi Kota Pekanbaru menjadi satu dari sepuluh daerah yang mendapat penghargaan sebagai Daerah Penyelenggara MPP Kategori Prima tahun 2023 ini.

"Kami dari pemerintah kota berkomitmen dalam memberi pelayanan prima kepada masyarakat lewat MPP Pekanbaru," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP, MAP menerima piagam penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Dirinya menyebut bahwa pemberian penghargaan ini sebagai  bentuk penerapan reformasi birokrasi. Ia menyampaikan bahwa Kemenpan RB telah
melakukan berbagai kegiatan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik.

Pemerintah kota juga mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dalam upaya berperan serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia. 

Ia mengaku sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Kota Pekanbaru mendapat piagam Pemberian Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2023.

Aktivitas pelayanan publik di MPP Kota Pekanbaru saat ini mencakup 226 layanan publik.

Ada ratusan layanan perizinan dan non perizinan serta layanan kependudukan dan catatan sipil.

Total ada puluhan instansi membuka layanan di MPP Pekanbaru. Instansi tersebut di antaranya DPMPTSP Pekanbaru, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Imigrasi dan Polresta Pekanbaru. Ada juga Polda Riau, BPN Pekanbaru, Samsat Riau, DJP Riau hingga LPSE.

Layanan di MPP terus berjalan secara optimal pasca kebakaran gedung utama pada Maret 2023 silam.

Layanan fokus di dua gedung layanan MPP yakni gedung Layanan Dukcapil dan Gedung C dalam Komplek MPP Pekanbaru, di Jalan Jendral Sudirman.(R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index