TelkomselTerima Penghargaan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Tahun 2023

TelkomselTerima Penghargaan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Tahun 2023
(Kiri - Kanan) Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria; Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi; Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkomsel, Mohamad Ramzy; dan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Wayan Toni Supriyanto. Deretan penghargaan y

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Atas upayanya dalam penyelenggaraan layanan telekomunikasi bersama para pemangku kepentingan dan komunitas, Telkomsel menerima sejumlah Penghargaan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (12/12) dalam kegiatan Evaluasi Capaian Program Prioritas dan Pemberian Apresiasi Bidang Penyelenggaraan Pos dan Informatika Tahun 2023 yang bertemakan “InterAKSI: Indonesia Terkoneksi dan Siap Beraksi” dengan tujuan untuk mempererat sinergitas pemangku kepentingan dan komunitas di bidang pos, telekomunikasi, dan penyiaran melalui pemberian apresiasi kepada mitra-mitra yang telah mendukung program DJPPI selama ini.

Penghargaan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Tahun 2023 diberikan kepada para pelaku yang telah memberikan kepuasan dalam layanan Pos dan Informatika kepada masyarakat yang dinilai melalui laporan kinerja operasi, menyelesaikan komplain keluhan dari masyarakat dari sisi waktu dan kualitas layanan dengan baik, cepat, dan transparan, serta menciptakan inovasi penyelenggaraan pos dan informatika. Beberapa penghargaan yang Telkomsel terima dalam InterAKSI adalah Penyelenggara Telekomunikasi dengan Spot 5G Terbanyak, Penyelenggara dengan Kualitas Layanan Seluler Terbaik, dan Peringkat Pertama Wajib Bayar PNBP Biaya Hak Penyelenggaraan Telekomunikasi Terbesar untuk Tahun Buku 2022.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkomsel Mohamad Ramzy menyatakan, "Terima kasih atas deretan penghargaan yang diberikan untuk Telkomsel dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI). Penghargaan-penghargaan ini akan menjadi penambah semangat Telkomsel untuk menghadirkan inovasi yang relevan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan sektor industri secara keseluruhan. Selaras dengan semangat Indonesia untuk menghubungkan bangsa dan menggerakkan kemajuan negeri, Telkomsel akan terus bersinergi bersama Kominfo dan Ditjen PPI maupun lembaga pemerintahan lainnya, para stakeholders, dan para mitra, demi akselerasi kemajuan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia."

Sebagai Penyelenggara Telekomunikasi dengan Spot 5G Terbanyak, hingga Desember 2023 Telkomsel telah menggelar hingga lebih dari 470 BTS berteknologi broadband 5G di 48 kota, sesuai dengan laporan yang disampaikan langsung kepada Direktorat Pengendalian Ditjen PPI. Dengan secara konsisten melakukan pengembangan dan penggelaran jaringan 5G secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel berupaya memberikan layanan dan kualitas jaringan yang mampu memberi nilai tambah bagi pengguna, sekaligus mendukung produktivitas, meningkatkan efisiensi, dan proses bisnis di beragam sektor industri dan bisnis, sehingga membuka peluang pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, Telkomsel telah berkolaborasi dengan para pelaku industri untuk mengimplementasikan 5G di berbagai kegiatan operasionalnya, seperti dengan PT Freeport Indonesia dalam penerapan 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara, dengan PT Angkasa Pura II untuk memperkuat transformasi digital operasional bandara, bersama Kawasan Jababeka untuk membangun solusi digitalisasi kawasan berbasis infrastruktur 5G menuju Jababeka Digitalized Township Ecosystem, hingga berkolaborasi bersama Kementerian Kesehatan RI dalam uji coba 5G Robotic Telesurgery pertama di Indonesia.

Penghargaan Penyelenggara dengan Kualitas Layanan Seluler Terbaik untuk Telkomsel didasari oleh Hasil Pengukuran Throughput Rata-Rata Nasional oleh Managed Service QOS PMT periode Maret-September 2023 dan Hasil Pengukuran Standar Kualitas Layanan (Compliance) Kinerja Jaringan 2022 dari Ditjen PPI. Pencapaian ini tidak lepas dari kesuksesan Telkomsel menuntaskan pengalihan/upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE hingga ke 504 kota/kabupaten pada Juni 2023 yang berdampak pada penambahan bandwidth spektrum, khususnya pada frekuensi 2100 MHz.

Dengan capaian tersebut dan melalui pemanfaatan spektrum 4G yang lebih efisien, Telkomsel lebih lanjut menghadirkan peningkatan pengalaman pelanggan broadband, yang dibuktikan dengan capaian kapabilitas konektivitas digital Telkomsel yang tercatat pada Ookla® Speedtest Awards™ periode Januari--Juni 2023 di mana Telkomsel tercatat memiliki kecepatan akses broadband tertinggi di Indonesia dengan capaian Speed Score 35.33, rata-rata kecepatan download 26,74 Mbps, dan kecepatan upload 12,98 Mbps, serta capaian Video Score 69.92 untuk pengalaman video streaming yang lancar dan Game Score 76.45 untuk pengalaman bermain mobile game yang berkualitas dengan dukungan koneksi stabil dan latensi yang rendah.

Sebagai operator dengan pengguna spektrum frekuensi telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan pelanggan terbanyak hingga lebih dari 158,3 juta pelanggan mobile, Telkomsel pun terus melanjutkan upaya pemerataan akses jaringan broadband hingga menjangkau lebih dari 97% wilayah populasi dengan menggelar lebih dari 183,6 ribu BTS 4G/LTE dari total hingga 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar pertama yang mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia, memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

Telkomsel juga mendapatkan penghargaan Peringkat Pertama Wajib Bayar PNBP Biaya Hak Penyelenggaraan Telekomunikasi Terbesar untuk Tahun Buku 2022, dengan mencatatkan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar lebih dari Rp460 miliar, menggenapi total jumlah PNBP yang disetor ke kas negara hingga mencapai lebih dari Rp7,9 triliun. Sebelumnya, Telkomsel pun menjadi salah satu penyumbang pajak terbesar pada tahun 2022 di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar Empat dengan nilai kewajiban pajak negara mencapai hingga Rp18,1 triliun. Dengan demikian, Telkomsel menjadi salah satu wajib pajak dengan kontribusi terbesar untuk Indonesia pada tahun 2022 melalui total pembayaran PNBP dan kewajiban pajak hingga lebih dari Rp26 triliun. Kontribusi tersebut diharapkan dapat lebih lanjut mendorong pertumbuhan bangsa dan kemajuan ekosistem digital Indonesia.(r)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index