Manfaat Telur Puyuh yang Jarang Diketahui

Manfaat Telur Puyuh yang Jarang Diketahui
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Manfaat telur puyuh diperoleh dari kandungan proteinnya yang melimpah. Tak hanya tinggi protein, telur berukuran kecil ini juga menyimpan nutrisi lain yang cukup lengkap, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Telur puyuh mengandung kalori yang cukup rendah, yaitu hanya sekitar 15 kalori dalam tiap butirnya. Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalam telur puyuh pun cukup beragam, seperti protein, karbohidrat, lemak, folat, kolin, serta aneka vitamin dan mineral, sehingga manfaat telur puyuh bagi kesehatan pun begitu banyak.

Berbagai Manfaat Telur Puyuh bagi Kesehatan
Rasanya yang lezat membuat telur puyuh digemari oleh banyak orang. Telur ini sangat nikmat dikonsumsi bersama bubur ayam atau menu angkringan. Tidak hanya itu, kandungan gizi di dalam telur puyuh juga melimpah. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, ada banyak manfaat telur puyuh yang bisa kamu peroleh, yaitu:

1. Memperkuat daya tahan tubuh
Sama seperti telur ayam dan telur bebek, telur puyuh juga termasuk sumber protein hewani. Di dalam tubuh, protein berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imunitas tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kebal terhadap infeksi virus dan bakteri, sehingga kamu tidak akan mudah sakit.

2. Menambah energi
Di dalam sebutir telur puyuh mengandung sebanyak 15 kalori dan 1,2 gram protein. Dengan mengonsumsi sekitar 3–5 butir telur puyuh, tubuhmu akan memperoleh asupan energi tambahan. Dengan tenaga yang cukup, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik dan tidak mudah lelah.

3. Mencukupi asupan nutrisi tubuh
Berkat kandungan nutrisinya yang lengkap, mengonsumsi beberapa butir telur puyuh bisa membantu menutrisi tubuh. Selain telur puyuh, kamu juga perlu melengkapi nutrisi dari makanan sehat lain, seperti sayur, buah, daging, ikan, ayam, tahu, tempe, susu, dan biji-bijian.

4. Menguatkan tulang
Manfaat telur puyuh selanjutnya adalah menguatkan tulang. Manfaat ini berasal dari protein, vitamin D, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang terkandung di dalamnya.

Untuk mengoptimalkan manfaat telur puyuh ini, kamu juga perlu rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tulang, seperti susu, keju, ikan, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

5. Meningkatkan kesehatan otak
Telur puyuh memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan otak, yaitu asam folat, kolin, dan lemak sehat. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan di dalam telur ini juga mampu melindungi sel otak dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Dengan asupan nutrisi tersebut, fungsi otak akan selalu terjaga sehingga kamu bisa lebih fokus dan konsentrasimu tetap terjaga.

6. Menjaga kesehatan jantung
Penelitian membuktikan bahwa lemak tak jenuh ganda, antioksidan, dan kalium yang terdapat di dalam telur puyuh dapat mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol agar tetap normal. Tentu saja kedua hal ini baik untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Mencegah anemia
Kandungan zat besi dan vitamin B12 di dalam telur puyuh berperan penting untuk mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan manfaat tersebut, tubuh akan terhindar dari anemia atau kurang darah.

8. Mengurangi berat badan
Jika kamu sedang berusaha mengurangi berat badan, kamu bisa menambah telur puyuh ke dalam menu harianmu. Telur puyuh tergolong rendah kalori, tetapi mengandung protein dan lemak yang bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginanmu untuk ngemil makanan tidak sehat.

Kandungan protein pada telur puyuh juga berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan lebih banyak membakar kalori dan lemak.

Namun, agar dietmu bisa berhasil, kamu tidak bisa hanya mengandalkan telur puyuh, ya. Kamu juga perlu rutin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi yang jumlah kalorinya tidak terlalu tinggi, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, susu atau yoghurt rendah lemak, dan biji-bijian.

9. Mendukung kesehatan mata
Telur puyuh mengandung lutein, zeaxanthin, dan selenium. Ketiga nutrisi ini bisa melindungi mata dari efek radikal bebas yang bisa menyebabkan gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain telur puyuh, kamu pun dianjurkan untuk mengonsumsi sumber vitamin A, seperti wortel, ikan, hati sapi, dan sayuran berdaun hijau, untuk menjaga kesehatan mata.

10. Mempercepat proses penyembuhan luka
Protein di dalam telur puyuh tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi dan meningkatkan daya tahan tubuh saja, lho. Nutrisi makro ini juga bermanfaat untuk mendukung proses perbaikan sel dan jaringan tubuh, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

11. Memelihara kesehatan kulit dan rambut
Telur puyuh kaya akan lemak sehat, vitamin, mineral, dan protein. Sejumlah nutrisi tersebut mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Protein berperan penting dalam proses pembentukan rambut dan jaringan kulit.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi telur puyuh, kesehatan kulitmu akan tetap terjaga dan tidak mudah rusak.

12. Mendukung tumbuh kembang anak
Kandungan gizi dalam telur puyuh cukup lengkap, sehingga baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Telur puyuh bahkan bisa menjadi salah satu pilihan MPASI yang bisa diberikan kepada bayi ketika ia sudah mencapai usia 6 bulan.

Berkat kandungan protein dan lemaknya yang cukup tinggi, telur puyuh bahkan bisa mencegah stunting pada anak.

Banyak juga ya manfaat telur puyuh untuk kesehatan tubuh. Jika kamu tertarik untuk mengonsumsi telur ini, pastikan kamu sudah memasaknya sampai matang agar terhindar dari bakteri Salmonela yang bisa menyebabkan keracunan makanan dan tipes. Selain itu, hindari mengonsumsi telur puyuh jika kamu memiliki alergi telur.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan seputar manfaat telur puyuh untuk kesehatan atau bingung menentukan batas maksimal konsumsi telur puyuh setiap harinya, kamu bisa berkonsultasi ke dokter, ya.(R04)
Sumber Berita : Alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index