Ini Manfaat Tanaman Kuis Kucing untuk Masalah pada Darah Anda...

Ini Manfaat Tanaman Kuis Kucing untuk Masalah pada Darah Anda...
Tumbuhan kumis kucing./ Sumber Foto: riausky.com

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Tamanan kumis kucing (Orthosiphon stamineus) adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. 
Tumbuhan ini cukup umum dikonsumsi di Asia Tenggara, dengan salah satu bentuknya adalah diseduh sebagai teh, yang dikenal sebagai Java tea (teh Jawa).

Dikutip dari laman kompas.com, tanaman kumis kucing dikemas dengan anti-oksidan kuat dan beberapa fitokimia yang dikandungnya termasuk terpen, flavonoid, turunan asam caffeic, dan minyak atsiri.

Obat herbal tanaman kumis kucing sering digunakan dalam pengobatan diabetes, peradangan sendi seperti asam urat dan rematik, serta tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana kekuatan darah yang mendorong dinding arteri terlalu tinggi, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. 
Dikutip dari laman Mayoclinic, umumnya, tekanan darah tinggi memiliki gejala gejala seperti penglihatan kabur, mimisan, sesak napas, sakit dada, pusing, dan sakit kepala.

Mengutip laman Health Benefits, bahan kimia yang ada dalam kumis kucing disebut dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah berkat sifat anti-oksidan dan anti-inflamasinya. 
Bahan kimia methylripariochromene yang ada dalam ramuan tersebut dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada tikus.

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Vinmec International Hospital, tanaman kumis kucing memiliki potensi menurunkan tekanan darah. Ekstrak daun tanaman kumis kucing terbukti memiliki efek antihipertensi, terutama tekanan darah sistolik karena efek vasodilatornya, pengurangan afterload jantung, dan efek diuretik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed NLM NIH, tanaman kumis kucing memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian acak dilakukan terhadap pasien dislipidemia hipertensi untuk mengetahui pengaruh kombinasi nutraceutical yang mengandung efek Orthosiphon stamineus (kumis kucing). 
Percobaan (single blind controlled) menggunakan tanaman kumis kucing pada 100 miligram ekstrak etanol (lebih besar dari 0,1 persen sinensetin) yang ditambahkan sebagai tambahan pada campuran nutraceutical.

Hasilnya mampu menurunkan tekanan darah dan glukosa dibandingkan dengan nilai awal. Meskipun efek penurunan tekanan darahnya lebih kecil dibandingkan obat referensi hidroklorotiazid.(R02)

Sumber Berita: kompas.com

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index