Gubernur Riau Apresiasi UIR Gelar Seminar Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai

Gubernur Riau Apresiasi UIR Gelar Seminar Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau (UIR) menggelar seminar kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai dengan tema "Pemilu Cerdas, Indonesia Berjaya". Acara ini digelar di Auditorium Rektorat UIR, Jumat (12/1). 

Di momentum itu, Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution menyambut baik dan memberikan apresiasi untuk UIR. Pasalnya, kegiatan seminar kebangsaan dan deklarasi Pemilu Damai itu bertujuan untuk memberikan edukasi dan motivasi agar masyarakat dapat menggunakan hak pilih secara cerdas. 

Tujuan diselenggarakannya seminar ini, juga untuk mengajak mahasiswa UIR, berkomitmen, berjanji, dan untuk ikut serta dalam Pemilu, dengan cara yang cerdas, jujur, adil, dan damai. Selain itu, juga harus bisa menolak segala bentuk politisasi sara, ujaran kebencian, penghasutan, dan politik uang. 

"Kita sedang melaksanakan suatu perhelatan besar bagi seluruh masyarakat Indonesia yaitu Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 ini. pesta demokrasi ini tentu merupakan suatu pembuktian bangsa dalam menjalankan demokrasi yang sesungguhnya. Itu sebabnya kami mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, mengingat pelaksanaan Pemilu bukanlah hal yang mudah," ujar Gubri. 

Masyarakat, kata Gubri Edy Nasution, harus berhasil menunjukkan, bahwa Indonesia adalah negara dengan demokrasi yang matang. Namun, ia mengingatkan bahwa situasi yang akan dihadapi bangsa kedepan tidaklah mudah. 

Agar dapat mengatasi tantangan itu, kata Gubri, harus membutuhkan sinergi, semangat, komitmen dari semua pihak. Kemudian, disertai solidaritas seluruh elemen bangsa, serta stabilitas politik keamanan dan ekonomi. 

Selain itu, Gubri juga menyebut, bahwa Pemilu yang sukses, aman, dan damai merupakan harapan sekaligus modal penting dalam melahirkan pemimpin dan wakil rakyat yang bisa membawa bangsa ini lebih maju ke depan. 

"Untuk mewujudkan hal tersebut, tentulah bukan hal yang mudah sehingga dibutuhkan komitmen dan kolaborasi bersama," imbuhnya. 

Sementara itu, Rektor UIR, Syafrinaldi turut merasa bangga karena satu di antara fakultas di UIR dapat mengambil peran penting dalam menyongsong Pemilu 2024, yakni dikemas dalam helat seminar kebangsaan dan deklarasi Pemilu Damai. Ia berharap kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga Pemilu Damai 2024 dapat terwujud. 

"Mahasiswa adalah salah satu penentu untuk pemimpin bangsa kedepan melalui sarana yang namanya Pemilihan Umum," kata Syafrinaldi. 

Ia mengajak seluruh mahasiswa hingga masyarakat untuk mensukseskan Pemilu 2024, sehingga dengan berjalannya proses Pemilu nantinya dapat menghasilkan pemimpin yang bisa mengayomi masyarakat. 

"Mari kita sukseskan Pemilu 2024, mari kita berikan dukungan kepada para penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu, serta elemen masyarakat lainnya. Mari kita doakan Pemilu 2024 menjadi Pemilu damai dan cerdas, yang  akan menghasilkan pemimpin-pemimpin nasional yang hebat yang akan mengayomi kita semuanya," tutup Syafrinaldi.(mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index