Dikuti 972 Peserta se-Riau, Abdurrab Islamic School Gelar ACTION 2024 Season 2

Dikuti 972 Peserta se-Riau, Abdurrab Islamic School Gelar ACTION 2024 Season 2
Pembukaan secara resmi kegiatab Abdurrab Creatif, Sport and Intelegence Competition (ACTION) Season 2 oleh Pembina Yayasan Abdurrab Dr.dr. Susiana Tabrani, M.Pd, Senin (15/1/2024)

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sukses dengan kegiatan ACTION Season 1, OSIS SMP dan SMA Abdurrab Islamic School (AIS) kembali menggelar kegiatan Abdurrab Creatif, Sport and Intelegence Competition (ACTION) Season 2.

Kegiatan yang mengusung tema 'Aksi Generasi Muda Bertalenta Hebat dalam Meningkatkan Kreativitas Secara Totalitas di Era 5.0' ini digelar 15-20 Januari 2024 di Abdurrab Islamic School, Jalan Bhakti, Kota Pekanbaru.

Pembina Yayasan Abdurrab Dr.dr. Susiana Tabrani, M.Pd, usai acara pembukaan ACTION Season 2, Senin (15/1/2024) kepada media mengatakan kalau ini bakal jadi agenda tahunan di AIS, selain banyak manfaatnya bagi peserta, respon dari sekolah-sekolah lain juga sangat baik terhadap kegiatan ini.

"Sekolah kami memuat materi leadership atau kepemimpinan makanya tagline kami 'we are future leader' ada banyak kegiatan yang kami lakukan untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan leadership mereka, seperti field trip, carier day, global experiences dan juga termasuk kegiatan ACTION yang kini sudah masuk tahun kedua ini," ujarnya.

Melalui kegiatan ACTION ini pula katanya, siswa AIS dites kemampuan leadershipnya, menjadi panitia sekaligus event organizer kemudian mengundang sejumlah sekolah untuk berpartisipasi, jadi tidak hanya kepemimpinan di AIS saja tapi juga dengan sekolah-sekolah lain.

"Kita di AIS, selain ada teorinya juga lebih banyak implementasi, itu pula yang membedakan sekolah kita dengan yang lainnya, nanti itu ada kegiatan leaders club, di sini peserta akan berdebat tentang sebuah persoalan, kalau tahun lalu tema kita tentang Ibu Kota Nusantara," tambahnya.

Terlepas dari itu semua, yang terpenting menurutnya adalah bagaimana melatih self confidence siswa, bagaimana mereka punya keberanian untuk mempimpin, untuk berbicara, untuk  bertanggungjawab, sehingga nanti saat memasuki bangku kuliah sudah terbiasa berorganisasi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana ACTION Season 2, Afif Athaillah menjelaskan tahun ini ada peningkatan jumlah peserta dibandingkan tahun lalu.

"Tahun ini jumlah peserta mencapai 972 peserta dari SD, SMP, SMA, Universitas se-Riau, sementara tahun lalu hanya 450 peserta, sementara total sekolah/instansi/club yang berpartisipasi dalam kegiatan ACTION 2 seluruhnya mencapai 100 sekolah/instansi/club, Ada pun perlombaan terdiri dari Intelligent Competition, Creative Competition, dan Sport Competition," sebutnya.

Dirincikannya, untuk peserta tingkat SD dengan 6 cabang perlombaan (tahfiz putra, tahfiz putri, Ujian Kompetensi Tertulis, menggambar, Baca Puisi, Panahan) diikuti oleh 43 SD/MI Se Riau dengan total jumlah peserta 149 orang.

Lalu, untuk SMP dengan 13 cabang perlombaan (tahfiz putra, tahfiz putri, Ujian Kompetensi Tertulis, poster, kaligrafi, story telling, musikalisasi, sciense project, badminton putra, badminton putri, Futsal, basket) diikuti oleh 45 SMP/Mts Se Riau dengan total jumlah peserta SMp 786 orang.

Sementara untuk SMA/Mahasiswa dengan cabang perlombaan panahan yang diikuti oleh 12 Club/Universitas dengan total peserta SMA/Mahasiswa 37 peserta. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index