Selangkangan Hitam, Ketahui Penyebab dan Cara Menanganinya

Selangkangan Hitam, Ketahui Penyebab dan Cara Menanganinya
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Selangkangan hitam adalah kondisi normal yang bisa dialami siapa saja. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti perubahan maupun gangguan hormon, pemakaian celana dalam yang terlalu ketat, dan infeksi.

Meskipun normal, selangkangan hitam sering kali menjadi masalah yang bisa mengganggu kepercayaan diri, terutama bagi pasangan suami-istri. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk mencerahkan kulit selangkangan dilakukan oleh orang yang memiliki kondisi ini.

Penanganan selangkangan hitam tentu perlu dilakukan dengan cara yang aman dan disesuaikan dengan penyebabnya. Beragam cara yang dapat dilakukan meliputi perawatan mandiri hingga perawatan medis, tergantung pada kondisi dan penyebabnya.

Penyebab Selangkangan Hitam
Selangkangan hitam umumnya terjadi ketika memasuki usia pubertas. Hal ini karena pada usia ini terjadi peningkatan produksi melanin akibat adanya peningkatan kadar hormon seks. Melanin merupakan zat pemberi warna pada rambut, mata, dan kulit, termasuk kulit di area selangkangan.

Meningkatnya produksi melanin pada kulit secara berlebih dapat menimbulkan bercak yang berwarna lebih gelap di area kulit tertentu. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan selangkangan hitam, seperti:

1. Perubahan hormon
Melanin diproduksi oleh sel melanosit. Sel melanosit ini sangat peka terhadap perubahan kadar hormon. Saat memasuki usia pubertas, hormon seks akan meningkat sehingga memicu pembentukan melanin yang berlebih.

Selain pada masa pubertas, perubahan hormon juga akan terjadi selama masa kehamilan, menstruasi, dan saat mengalami stres.

2. Gesekan
Selain perubahan hormon, gesekan pada kulit juga dapat menyebabkan selangkangan hitam. Hal ini bisa terjadi karena intensitas gesekan yang tinggi dapat memicu peningkatan produksi melanin. Akibatnya, warna kulit di area tertentu menjadi lebih gelap daripada area lain di sekitarnya.

Gesekan di area selangkangan bisa terjadi karena beberapa hal, seperti berhubungan seks dan pemakaian celana dalam yang terlalu ketat.

3. Infeksi vagina
Selangkangan hitam bisa terjadi pada pria maupun wanita, tetapi memang lebih umum dialami oleh wanita. Kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur candida albicans yang berlebih sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan pada vulva atau vagina (vulvovaginitis).

Infeksi vagina yang disebabkan oleh jamur ini sering kali disertai dengan perubahan pada warna kulit. Tak hanya itu, kondisi ini juga menimbulkan gejala peradangan yang lain, seperti gatal dan iritasi.

4. Obesitas
Obesitas juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan selangkangan hitam. Kondisi yang disebabkan oleh penumpukan lemak ini dapat memunculkan lipatan di bagian tubuh tertentu, termasuk selangkangan. Lipatan kulit tersebut lebih mudah mengalami gesekan dengan pakaian sehingga area tersebut menjadi gelap.

Selain itu, keberadaan lipatan kulit pada penderita obesitas juga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri atau jamur, yang juga dapat menyebabkan selangkangan hitam.

5. Menggunakan obat-obatan tertentu
Selain akibat dari kondisi medis tertentu, selangkangan hitam juga bisa dipicu oleh penggunaan obat-obatan dan suplemen, seperti pil KB, kortikosteroid, atau niacin dalam dosis tinggi.

Obat-obatan tersebut dapat memengaruhi keseimbangan hormon yang berdampak pada meningkatnya produksi melanin. Hasilnya, area selangkangan lebih gelap daripada area lain di sekitarnya.

Cara Menangani Selangkangan Hitam
Mengingat selangkangan hitam dapat mengganggu kepercayaan diri, kondisi ini perlu ditangani dengan tepat. Penanganannya pun beragam, mulai dari perawatan mandiri hingga penanganan medis yang dilakukan oleh dokter.

Untuk mengatasi selangkangan hitam secara mandiri di rumah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Tidak menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat untuk menghindari gesekan berlebih
Menggunakan pelumas saat berhubungan seks untuk mengurangi gesekan
Mengoleskan lidah buaya ke area selangkangan untuk mengatasi iritasi
Menggunakan scrub atau lulur di area selangkangan saat mandi
Bila selangkangan hitam tidak juga membaik dengan beberapa perawatan mandiri, pemberian obat-obatan atau menjalani terapi untuk mencerahkan kulit dapat dilakukan.

Jenis obat yang dapat diresepkan oleh dokter untuk mengatasi selangkangan hitam adalah hidrokuinon untuk mencerahkan kulit dan retinoid untuk mengatasi peradangan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain obat-obatan, dokter juga mungkin akan menyarankan terapi laser, terutama jika Anda menginginkan rawatan yang memberikan hasil lebih cepat.

Di samping melakukan berbagai perawatan di atas, Anda juga perlu melakukan berbagai pencegahan selangkangan hitam, seperti menjaga kebersihan selangkangan, mencukur bulu kemaluan seperlunya, dan menggunakan pakaian yang longgar serta berbahan katun.

Selangkangan hitam memang bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, jika Anda merasa kurang percaya diri dengan kondisi tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi yang melatarbelakanginya.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index