Awal Tahun, Pemko Pekanbaru Sudah Salurkan Rp36 Juta Santunan Kematian

Awal Tahun, Pemko Pekanbaru Sudah Salurkan Rp36 Juta Santunan Kematian
Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Dr. H. Idrus M.Ag

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, di awal 2024 ini sudah menyalurkan sebanyak Rp36 juta santunan kematian kepada 36 ahli waris keluarga kurang mampu. 

"Sepanjang Januari ini sudah 36 KK (penerima bantuan). Kalau tahun kemarin (sepanjang 2023), yang menerima sampai 739 keluarga," ungkap Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Dr. H. Idrus M.Ag, Senin (29/1). 

Ia menyampaikan, secara keseluruhan terdapat sebanyak 54 ahli waris yang mengajukan permohonan bantuan santunan kematian di Januari 2024 ini. Namun dari hasil verifikasi yang dilakukan, terang Idrus, yang dinyatakan layak untuk dibantu serta memenuhi kriteria kemiskinan hanya 36 KK. 

"Sisanya 18 KK, itu tidak dapat kita akomodir karena kriteria kemiskinannya tidak terpenuhi," ujarnya. 

Dikatakan Idrus, di 2024 ini Pemko Pekanbaru kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk menjalankan program santunan kematian. Anggaran tersebut ditempatkan pada Belanja Tidak Terduga (BTT) di BPKAD. 

"Dalam program ini, itu yang kita bantu adalah masyarakat miskin, masyarakat ekonomi menengah ke bawah," tutupnya. 

Santunan kematian bagi ahli waris keluarga mampu merupakah salah satu program prioritas Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP. Dalam program ini, Pemko Pekanbaru memberikan bantuan sebesar Rp1 juta kepada ahli waris keluarga kurang mampu.

Bantuan yang diberikan bertujuan untuk membantu biaya penyelenggaraan jenazah, sekaligus sebagai bentuk kehadiran Pemko Pekanbaru di tengah-tengah masyarakat yang tengah ditimpa musibah. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index