Lions Club, LPM Pekanbaru dan PSMTI Gelar Donor Darah di Mal SKA

Lions Club, LPM Pekanbaru  dan PSMTI Gelar Donor Darah di Mal SKA
Ketua PMI Pekanbaru Abdul Jamal, Koordinator Distrik Lions Club Yulli Sandra, Ketua LPM Pekanbaru Sarjoko, Ketua PSMTI Kamin foto bersama diselaacara donor darah di Mal SKA.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Lions Club bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Pekanbaru kembali menggelar aksi sosial donor darah selama dua hari, Jumat-Sabtu (2-3 Februari 2024).

Kegiatan donor darah dilaksanakan dalam rangka membuka tahun 2024 sembari menyemangati  perayaan Imlek dan semangat melakukan aksi nyata untuk kemanusiaan dengan mengambil tempat di Atrium Kampar, Lantai Dasar Mal SKA Pekanbaru.

Ketua PMI Kota Pekanbaru, Abdul Jamal saat membuka pelaksanaan Donor Darah mengaku sangat mengapresiasi aksi sosial onor darah yang dilaksanakan 
oleh Lions Club dan LPM Kota Pekanbaru juga PSMTI.

Dijelaskan dia, sebagaimana diketahui, tingkat kebutuhan darah untuk masyarakat di Kota Pekanbaru sangat tinggi. Bahkan, ketersediaan bank darah yang ada pada unit transfusi yang dimiliki PMI juga tidak mencukupi untuk kemenuhi kebutuhan darah bagi mereka yang memerlukan.

Karena itulah, sebut Jamal, pelaksanaan aksi donor darah oleh simpul-simpul organisasi seperti halnya yang dilaksanakan Lions Club, LPM Pekanbaru dan PSMTI menjadi sangat penting.

''Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terus berupaya menegakkan aksi kemanusiaan dengan mendonorkan darah ini, termasuk kepada para peserta donor darah. Setetes darah yang diberikan sangat berarti untuk menyelamatkan sesama,'' kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah Lions Club Jonathan Tirtokusumo mengungkapkan, aksi sosial donor darah yang dilaksanakan ini ditargetkan bisa menghimpun sebanyak 300 kantong darah.

''Untuk hari ini, dari informasi yang kita peroleh hingga sore, sudah terhimpun sebanyak 100 kantong darah. Kita yakin, hingga besok, hari kedua, target 300 kantong darah ini bisa tercapai, bahkan melebihi,'' kata dia.

Selain melakukan aksi donor darah, Jonathan juga menjelaskan kalau acara yang dilaksanakan bekerja sama dengan PMI Pekanbaru dan RS Awalbros ini juga bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan gula darah dan konsultasi tentang diabetes militus.

Lions Club sendiri, dijelaskan Yulli Sandra, Distrik Koordinator Lions Club Wilayah A2 secara berkala, intens melaksanakan aksi sosial donor darah.

''Kita secara rutin biasanya dua bulan sekali melaksanakan aksi donor darah ini. Selain ditujukan guna menghimpun darah untuk kemanusiaan, juga menjadikan ini sebagai sarana mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun semangat peduli untuk berdonor darah,'' kata Yulli.

Dia berharap dengan semakin banyak mereka yang peduli untuk mendonorkan darah ini akan semakin banyak pula orang-orang atau masyarakat yang terbantu untuk mendapatkan kebutuhan darah.

''Sejauh ini, iven aksi sosial donor darah yang kita laksanakan selalu  ditujukan untuk membangun semangt kemanusiaan melalui donor darah. Dengan begitu kita harapkan akan semakin banyak pula masyarakat yang terbantu ketika memerlukan darah,'' pungkas aktivis sosial ini.(R02)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index