Kapolres Kuansing IKut Rapat Pemantapan Persiapan Pemungutan Suara Pemilu 2024

Kapolres Kuansing IKut Rapat Pemantapan Persiapan Pemungutan Suara Pemilu 2024

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)-  Kapolres Kuansing  AKBP Pangucap Priyo Soegito hadiri rapat Pemantapan Persiapan Pemungutan Suara Pada Pemilu Tahun 2024 di Ruang Multimedia Kantor Bupati Kuansing, Senin (5/2/2024).

Rapat dipimpin Bupati Kuansing Suhardiman Amby dihadiri Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo, Sekda Dedi Sambudi, Waka Polres Kuansing Kompol Robet Erizal, Dandim 0302 Inhu - Kuansing diwakili Pabung Kapten Legimin, Kalapas II B Taluk Kuantan Bejo, Kabag Ops Polres Kuansing Kompol Hendri Suparto, Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi, Ketua Bawaslu Mardius Sdi Saputra,  Kadis, Kaban, Kasat Pol PP, Direktur RSUD dan Pejabat Eselon III di lingkungan Pemkab Kuansing.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito dalam rapat tersebut menyampaikan "KPU dan PPK sudah melaksanakan rapat terkait bencana banjir yang sudah melanda Kuansing.

Adapun hasil dari rapat tersebut yakni Domisili TPS harus berada di desa atau pindah dari desa apabila ada lokasi pengungsian.

"Apabila penduduk tidak berada di pengungsian maka solusinya akan dilaksanakan pemungutan dan penghitungan suara lanjutan berdasarkan PKPU nomor 25 pasal 109 dan pasal 110 tahun 2023 tentang pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan umum menyatakan bahwa dalam hal Sebagian atau seluruh dapil terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana alam, atau gangguan Lainnya maka akan dilaksanakan pemungutan dan penghitungan suara lanjutan atau susulan Dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari setelah pemungutan suara,"

Sambung Kapolres, Ketua KPU menyampaikan apabila setelah 10 (sepuluh) hari air tidak surut atau masih dalam keadaan banjir, maka KPU kuansing akan melakukan koordinasi dengan KPU provinsi maupun KPU-RI.

Hasil koordinasi Kasat Intelkam polres kuansing dan kanit politik dengan para kanit intelkam polsek Jajaran untuk saat ini air  masih ada di sekitar rumah warga berupa genangan yang tidak bisa keluar menuju sungai (terkurung akibat drainase tersumbat).

"Untuk akses jalan sudah lancar dan masyarakat sudah bisa beraktifitas seperti biasa dan hasil monitor para kanit intelkam polsek jajaran Polres Kuansing untuk TPS yang terdampak banjir, sampai saat ini bisa digunakan untuk lokasi TPS pemilu 2024.
Polres mengantisipasi bila saja  curah hujan  tinggi pada 13 februari 2024, sehari sebelum pencoblosan," jelas dia.

Dia juga menjelaskan perihal kesiapan Personel Petugas Pengamanan TPS pada H-2 Pemungutan Suara, seluruh personil pengamanan sudah diapelkan di Mapolres Kuansing dan dilaksanakan pergeseran pasukan ke wilayah pengamanan masing-masing Personil serta dipertemukan dengan petugas Linmas Pengaman TPS.

Begitu juga dengan perwira pengendali atau koordinator pengamanan TPS dan Bhabinkamtibmas Maupun Babinsa , Kasubsektor dan Kapolsekdan Silaturahmi ke tokoh– tokoh formal dan informal.

"Pada H-1 sebelum pencoblosan personel yang melaksanakan pengamanan wajib menginap Di PPS. Personil yang terlibat Pam TPS Wajib melakukan peninjauan/ pengecekan lokasi TPS, mengenali lingkungan sekitar serta survei rute yang akan dilalui kotak suara dari Pps Ke TPS dan dari TPS Ke Ppk dan petugas Pam TPS wajib melakukan pengecekan kotak suara dan tempat penyimpanan kotak suara terakhir.(R12)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index