Hitungan Sementara Perolehan Suara Pilpres di Riau Versi KPU dan Kawal Pemilu

Hitungan Sementara Perolehan Suara Pilpres di Riau Versi KPU dan Kawal Pemilu
Tangkapan layar data perolehan suara yang masuk ke aplikasi penghitungan suara KPU-Pilpres.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Proses penghitungan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) dengan cara quick count oleh sejumlah lembaga survei di seluruh daerah hampir dapat dipastikan final.

Lantas, seperti apa dengan penghitungan dan realisasi perolehan suara dari masing-masing pasangan presiden di Riau?

Riausky mencoba menelusurinya melalui sejumlah aplikasi penghitungan suara, di antaranya penghitungan KPU serta aplikasi Kawalpemilu.

Dari data sementara, untuk penghitungan berdasarkan aplikasi hitung suara KPU, hingga pukul 9:15 WIB pagi ini, total suara yang masuk baru berkisar 27,39 persen atau berkisar 5.305 dari 19.366 Tempat Pemungutan Suara (TPS)  yang tersebar di wilayah Riau.

Pasangan nomor urut 1,  Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memeroleh 127.283 suara atau berkisar 38,37 persen.

Selanjutnya Pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka, dengan perolehan suara sebanyak 165.361 suara atau sekitar 49,84 persen.

Adapun pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo- Mahfud MD meraih 39.114 suara atau berkisar 11,7 persen.


Suara Pilpres di Riau versi Kawal Pemilu

Sedikit berbeda dengan penghitungan suara KPU, Aplikasi kawalpemilu  mencatat bahwa sampai saat ini, total penghitungan suara masuk baru berkisar 191 TPS dari 19.366 TPS di Riau.

 

Dari penghitungan tersebut, diketahui sebagai berikut:

Pasangan nomor urut 1,  Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memeroleh 20.938 suara atau 52,56 persen.

Selanjutnya Pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka, dengan perolehan suara sebanyak 16.202  suara atau berkisar 40,67 persen.

Disusul pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo- Mahfud MD dengan perolehan suara sebanyak 2.695 suara atau 6,77 persen.

Dari data kawalpemilu ini juga diketahui kalau pasangan Anies-Muhaimin unggul di beberapa kabupaten/kota seperti Pekanbaru, Dumai, Kampar.

Sementara Prabowo-Gibran unggul di Bengkalis, Inhil, Inhu, Kepulauan Meranti, Kuansing, Pelalawan, Rohil, Rohul dan Siak.

Namun, harap dicatat, kalau hasil perolahan suara ini masih bersifat sementara, dan masih relatif kecil dibandingkan dengan total hitungan suara dari seluruh TPS yang ada di Riau.(R05)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index