Pimpin Upacara Siaga Tanggap Darurat Karlahut di B

Wako Ingatkan Warga Tetap Gunakan Masker

Wako Ingatkan Warga Tetap Gunakan Masker
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Walikota Pekanbaru H. Firdaus MT, Senin (21/9/2015) memimpin upacara evaluasi Siaga Tanggap Darurat Karlahut Kota Pekanbaru di kantor BPBD Pemadam kebakaran Kota Pekanbaru. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota mengimbau warga kota untuk tetap menjaga kesehatan dengan tetap meminimalisir aktivitas di luar ruangan dan senantiasa menggunakan masker saat berada di luar rumah. 
 
 
Menurut dia, saat ini, kondisi udara Kota Pekanbaru masih sangat tidak sehat. Kondisi tersebut rentan terhadap bertambahnya korban warga yang terpapar penyakit diakibatkan asap.
 
"Kita harus ingat, asap yang muncul di Pekanbaru dewasa ini bukan semata dikarenakan kebakaran hutan dan lahan di sekitar wilayah Riau. namun, juga merupakan kiriman dari daerah-daerah lain di Sumatera, seperti Sumatera Selatan, Jambi juga beberapa daerah lainnya.Karena mereka ada di utara Pekanbaru, Saat angin berhembus, asap dari kebakaran lahan tersebut masuk ke Pekanbaru dan menyebabkan Pekanbaru ditutupi asap,'' ungkap Wali Kota.
 
''Saya ingatkan, pakai masker, pakai masker, pakai masker, ancaman kabut asap ini sangat luas biasa. Tidak hanya kini, juga ke depan. Udara kita sudah berbahaya dan sangat tidak sehat dan dampaknya akan berlangsung panjang,'' ucap Wali Kota Firdaus berkali-kali kepada petugas agar diserukan juga kepada warga.
 
''Pak camat, lurah, RT dan RW, tolong disampaikan kepada masyarakat kita, terutama pada orang tua yng memiliki anak, sekolah memang masih kita liburkan hingga hari ini. Tolong orang tua, anak-anak kita dijaga, jangan malah orang tua tidak mengawasi kegiatan anak-anak selama tidak dilangsungkannya kegiatan belajar. Hindari anak-anak kita berada di luar rumah, apa-apa bermain di tengah kabut asap,'' imbuhnya.
 
Tak lupa, Wali Kota juga menginstruksikan kepada seluruh satuan kerja terkait, khususnya Puskesmas dan rumah sakit untuk siaga dan memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Pihaknya tak ingin ada warga yang mengeluh karena buruknya pelayanan aparatur pemerintah. ''Saya ingatkan, jangan menambah beban warga,'' tegas Firdaus di hadapan personel kesehatan, damkar, Satpol PP, camat juga lurah serta petugas kordinasi penaggulangan darurat asap  dan kebakaran lahan dan hutan Kota Pekanbaru. (R01) 
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index