CT Scan Jantung, Ketahui Kegunaan, Prosedur, dan Risikonya

CT Scan Jantung, Ketahui Kegunaan, Prosedur, dan Risikonya

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - CT scan jantung adalah salah satu teknik pencitraan menggunakan sinar X untuk melihat kondisi jantung secara detail. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan ketika dokter mencurigai adanya gangguan pada jantung atau struktur lain di sekitarnya.

CT scan jantung pada dasarnya digunakan untuk membantu melihat kondisi jantung atau mendiagnosis beberapa kelainan, seperti penyempitan di arteri koroner dan pembuluh darah. Dengan begitu, pemeriksaan ini memungkinkan dokter untuk mendeteksi beberapa gangguan lebih dini dengan tepat.

Meskipun dapat bermanfaat bagi keperluan pemeriksaan, CT scan sebenarnya tidak sepenuhnya bebas dari risiko. Pasalnya, paparan radiasi sinar X pada pemeriksaan CT scan lebih besar daripada pemeriksaan yang menggunakan sinar X lainnya.

CT Scan Jantung dan Kegunaannya
CT scan jantung pada dasarnya digunakan untuk melihat kondisi jantung secara menyeluruh. Hal ini dimungkinkan karena pemeriksaan ini dapat menghasilkan gambar 3D dari jantung, pembuluh darah, dan struktur lain di sekitarnya.

Terdapat dua jenis CT scan jantung yang umum dilakukan, yaitu CT coronary angiogram dan CT calcium score. Meskipun kedua metode tersebut sama-sama dapat melihat kondisi dan struktur jantung, tetapi terdapat perbedaan fungsi yang mendasarinya.

CT coronary angiogram adalah metode yang berfungsi untuk memvisualisasikan arteri jantung dan penumpukan plak yang terdapat di dalamnya. Sementara itu, CT calcium score merupakan metode yang cenderung lebih sederhana karena hanya menunjukan kadar kalsium pada arteri.

Adapun untuk pemilihan metode CT scan jantung tergantung pada keperluan pemeriksaan yang dibutuhkan oleh dokter.

Berdasarkan kedua jenis CT scan jantung tersebut, pemeriksaan ini dapat digunakan untuk melihat beberapa hal, seperti:

Arteri koroner yang menyuplai darah ke otot jantung
Kondisi bilik, otot, dan katup jantung
Kondisi vena pulmonalis
Kondisi perikardium
Jumlah penumpukan plak dan penyempitan arteri koroner
Risiko terhadap serangan jantung
Meskipun demikian, beberapa jenis penyakit koroner tidak selalu terlihat melalui hasil pemeriksaan CT scan. Oleh karena itu, pemeriksaan ini tidak sepenuhnya dapat memprediksi serangan jantung.

Prosedur CT Scan Jantung
CT scan jantung sebenarnya merupakan prosedur medis yang sederhana dan sama sekali tidak menyakitkan. Pemeriksaan ini akan dilakukan di rumah sakit di dalam ruangan khusus yang telah disediakan.

Berikut ini adalah prosedur CT scan jantung:

Sebelum melakukan pemeriksaan, dokter biasanya akan memberikan obat untuk memperlambat detak jantung Anda
Anda akan diminta untuk telentang dengan kepala dan kaki berada di luar alat pemindai.
Patch kecil yang disebut elektroda akan ditempelkan di dada Anda untuk merekam aktivitas listrik jantung selama pemeriksaan
Saat pemeriksaan berlangsung, mesin pemindai akan beputar mengelilingi tubuh Anda
Perlu diingat, saat pemeriksaan berlangsung, Anda disarankan untuk tidak banyak bergerak. Hal ini penting agar gambar organ tubuh dapat diambil dengan baik sehingga menghasilkan gambar yang jelas.

Selain itu, Anda juga mungkin diminta untuk menarik, membuang, atau menahan nafas selama beberapa waktu, tergantung pada arahan dokter. Adapun keseluruhan pemeriksaan ini berlangsung selama 30–60 menit.

CT Scan Jantung dan Risikonya
Meskipun banyak bermanfaat bagi keperluan pemeriksaan, CT scan jantung memiliki sejumlah risiko bagi kesehatan karena besarnya paparan radiasi yang dihasilkannya.

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa radiasi yang dihasilkan oleh pemeriksaan CT scan dapat merusak DNA dan meningkatkan risiko kanker. Meskipun demikian, risiko ini memiliki kemungkinan yang sangat kecil. Hal ini pun tergantung pada seberapa sering Anda melakukan pemeriksaan CT scan.

Sementara itu, CT scan lebih berbahaya bagi anak-anak karena masih berada dalam proses pertumbuhan.

Tak dapat dipungkiri, CT scan memang memiliki sejumlah risiko. Namun, jika Anda disarankan untuk melakukan CT scan, dokter sebenarnya telah mempertimbangkan segalanya sehingga pemeriksaan ini cenderung aman untuk dilakukan.

Oleh karena itu, setelah mengetahui berbagai informasi mengenai CT scan jantung, Anda tidak perlu lagi khawatir untuk melakukannya.

Namun, jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar CT scan jantung, jangan ragu untuk mengonsultasikannya kepada dokter agar Anda mendapatkan informasi yang lebih sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index