Pelaku Perusakan Tugu Zapin Sudah Diamankan, Pj Gubri: Dinas PUPR Segera Perbaiki

Pelaku Perusakan Tugu Zapin Sudah Diamankan, Pj Gubri: Dinas PUPR Segera Perbaiki

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi Riau, telah menyiapkan anggaran untuk memperbaiki Tugu Zapin, yang saat ini kondisinya sudah rusak, akibat sebagai bahan tugu Zapin yang terbuat dari tembaga tersebut diambil dan mengakibatkan sebagian tugu terlihat tidak sempurna lagi.

Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, menegaskan bahwa tugu yang dibangun saat dirinya menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR tersebut kondisinya telah rusak dan kurang layak dipandang. Untuk itulah ia meminta kepada dinas PUPR PKPP untuk segera memperbaiki kondisi tugu Zapin yang rusak. 

“Memang tugu Zapin itu dulu zaman saya kepala dinas dulu yang membuat tugu Zapin. Saya pun melihat kemarin ada beberapa bidang yang sudah di potong-potong saya dapat laporan dari dinas PUPR, Dan kami minta kepada PUPR untuk segera berkoordinasi denagn pekerja untuk memperbaiki kembali,” ujar SF Hariyanto, Rabu (6/3).

Dijelaskan dia, kejadian tersrbut telah dilaporkan ke pihak Kepolisian, dan sudah bergerak mengamankan pelaku pencurian dan perusakan tugu Zapin. Para pelaku sudah mengakui kesalahannya dan mengembalikan bahan tugu Zapin yang di potong-potong, dan telah dikembalikan. Selanjutnya, pelaku juga diberi peringatan dan tidak melakukan perbuatannya mencuri dan merusak barang-barang milik pemerintah. 

“Ini sudah dilaporkan ke Polresta, sudah ditangkap pelakunya, barang-barangnya sudah kita ambil. Dan kami minta kepada PUPR untuk segera berkoordinasi dengan pekerja untuk memperbaiki kembali. Ini ikon kita di Pekanbaru titik nol di Provinsi Riau nya disini,” kata SF Hariyanto. 

“Jadi kami berharap kepada masyarakat, bagi yang melihat yang merusak dilarang. Itu semua milik kita. Pelakunya sudah ditangkap sudah buat surat pernyataan dan diteken dan tidak mengulangnya kembali karena mereka katanya haya untuk makan. Barangnya sudah diambil dan sudah diambil kembali, untuk dipasang lagi di las,” tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk memperbaiki Tugu Zapin, yang juga sebagai salah satu icon Provinsi Riau. 

“Sudah, sudah kita anggarkan untuk perbaikan tugu Zapin yang beberapa bahannya hilang. Segera akan kita perbaiki,” kata Arif.(mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index