MPP Kabupaten Siak Diresmikan Menteri PAN-RB, Hadirkan 176 Layanan untuk Masyarakat

MPP Kabupaten Siak Diresmikan Menteri PAN-RB, Hadirkan 176 Layanan untuk Masyarakat
Bupati Siak Alfedri foto bersama Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Menteri Kesehatan RI Bugi Gunadi Sadikin dan 16 kepala daerah yang meresmikan beroperasinya layanan MPP secara serentak se Indonesia.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meresmikan 16 Mal Pelayanan Publik (MPP) secara serentak di Jakarta, Kamis (7/3/2024). Selain itu dilakukan penguatan komitmen penerapan MPP Digital pada 60 daerah.

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kebupaten Siak menjadi salah satu MPP yang ikut diresmikan pada kegiatan tersebut.

Ada 16 MPP yang diresmikan, masing-masing adalah MPP Kota Medan, MPP Kabupaten Siak, MPP Kabupaten Seluma, MPP Kabupaten Sarolangun, MPP Kabupaten Bangka, MPP Kabupaten Mesuji, MPP Kota Sukabumi, MPP Kabupaten Banjarnegara, MPP Kota Tegal, MPP Kota Probolinggo, MPP Kabupaten Katingan, MPP Kabupaten Lamandau, MPP Kabupaten Sukamara, MPP Kota Banjarmasin, MPP Kabupaten Gowa, dan MPP Kabupaten Wonosobo.

Menteri Anas mengatakan ujung dari birokrasi adalah pelayanan. Oleh karena itu, kunci penyelenggaraan MPP adalah komitmen, kerja sama, integrasi, serta kinerja dan kualitas pelayanan.

Hadir pada kegiatan ini Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro, Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto, Ketua KASN Agus Pramusinto, jajaran Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkup Kementerian PANRB, serta para Kepala Daerah yang melakukan peresmian MPP.

Secara terpisah, sebelumnya, saat soft launching, Bupati Siak Alfedri mengungkapkan rasa syukur atas presmian MPP Kabupaten Siak oleh Menteri PAN-RB RI.

"Alhamdulillah hari saya menghadiri peresmian MPP secara bersama oleh Menteri MenPAN RB. Beberapa hari yang lalu, kita juga sudah soft launching  Mal Pelayanan Publik Kabupaten Siak di daerah beberapa hari lalu," kata Alfedri.

Alfedri menjelaskan, Mal Pelayanan Publik Kabupaten Siak ini ,merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Siak untuk terus meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Pak Menteri tadi mengatakan tidak perlu bangunan MPP mewah, megah, yang terpenting fungsinya optimal. MPP kita sederhana tapi mewah, dan canggih. Kita harapkan dapat berjalan optimal dan melayani sistem digital," sebutnya.

Lanjutnya, Mal Pelayanan Publik kabupaten Siak bergabung 23 instansi pusat, daerah, BUMD, Perbankan dan swasta yang mengisi loket-loket di MPP.

Setidaknya ada 176 perizinan dan  dan non perizinan yang memberikan  pelayanan  seiring dengan peroperasinya MPP Kabupaten Siak ini.

Untuk itu, Alfedri berharap, kehadiran fasilitas baru itu dapat mengakselerasi kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebagai dinas pengampu MPP Kabupaten Siak. 

"Dinas-dinas terkait lainnya juga  hendaknya bisa bekerja sama mewujudkan pelayanan publik yang prima," ucapnya.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index