BI Riau Siapkan Rp 6 Triliun Lebih untuk Ramadan dan IdulFitri 2024

BI Riau Siapkan Rp 6 Triliun Lebih untuk Ramadan dan IdulFitri 2024

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Bank Indonesia (Bl) Riau memastikan  kebutuhan uang kartal bagi  masyarakat, baik secara jumlah  maupun pecahan, selama periode Ramadan dan Idulfitri Tahun 2024 dapat terpenuhi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad menjelaskan selama periode Ramadan dan Idulfitri 2024, kebutuhan uang secara nasional diperkirakan meningkat menjadi sebesar Rp 197,6 triliun, naik 4,65% (yoy) dibandingkan realisasi tahun 2023 sebesar Rp188,8 triliun.

"Sementara untuk wilayah Riau, Bl  menyiapkan kebutuhan uang untuk 12  Kab/Kota selama bulan Ramadan dan  Idulfitri yaitu sebesar Rp 6,031triliun. Kebutuhan tersebut meningkat sebesar 13,8% (yoy) dibandingkan tahun 2023 yang sebesar Rp 5,3 triliun," ujarnya Rabu (20/3/2024).

Sejalan dengan itu, transaksi non tunai melalui SKNBl dan RTGS mengalami pertumbuhan pada Februari 2024 sebesar 52,5% (yoy) dan 122,3%(yoy)dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sejalan dengan pertumbuhan transaksi SKNBl dan RTGS, dari sisi penggunaan QRIS, nominal transaksi pengguna QRIS di awal tahun (data Januari 2024) juga  mengalami peningkatan mencapai  118,5% (yoy) dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, penggunaan kartu kredit untuk bill pay pada Januari 2024 mengalami deselerasi dibandingkan bulan sebelumnya serta mencatatkan kontraksi sebesar 36,5%(yoy).

Dalam  rangka memastikan kebutuhan  uang di Ramadan dan Idulfitri,Bank  Indonesia secara nasional menjalankan sebuah rangkaian kegiatan yang disebut dengan SERAMBI 2024 (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldulfitri tahun 2024) dengan tema 'Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah'.SERAMBI 2024 ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai 3 hal:

1.Pemenuhan Kebutuhan Uang: Kecukupan kebutuhan uang untuk   masyarakat melalui perbankan dengan jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai,dan dalam kondisi yang layak edar.

2.Terlaksananya Layanan Kas:Pelaksanaan Layanan Penukaran Uang bagi masyarakat berupa Kas Keliling, Penukaran Bersama Bank Indonesia dan Perbankan dan Pelayanan Penukaran Uang di kantor -kantor perbankan.

3.Edukasi dan Komunikasi: Kegiatan  berupa Edukasi untuk meningkatkan  awareness masyarakat terkait dengan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah dan QRIS selama bulan Ramadan.

Dalam kampanye CBP edisi Ramadan ini dititikberatkan agar masyarakat bijak dalam berbelanja dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan maupun dalam menghadapi Hari Raya ldulfitri. Yaitu berbelanja sesuai kebutuhan tidak berlebihan sehingga tidak terjadi kelangkaan barang yang dapat memicu kenaikan harga atau inflasi.

Berkaitan dengan penukaran uang  pecahan kecil (UPK), Bl menghimbau  masyarakat untuk melakukan penukaran di tempat-tempat  penukaran resmi.

Masyarakat dapat melakukan  penukaran uang di seluruh unit/cabang perbankan di wilayah Riau, Kas Kelling Bank Indonesia, atau pada kegiatan Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan.Hal itu bertujuan untuk menghindari resiko pengedaran uang palsu dan dapat lebih akurat dalam jumlah uang yang diterima serta tanpa adanya biaya tambahan.

Pemenuhan kebutuhan uang kartal oleh Bl dan perbankan sudah dapat diperoleh masyarakat mulai tanggal 15 Maret - 5 April  2024. Untuk Layanan Penukaran  Uang Bersama Bank Indonesia dan  Perbankan akan dilaksanakan pada tanggal 25, 26 dan 27 Maret 2024 di Halaman Samping Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau.

Untuk mengetahui informasi jadwal Kas Keliling Bank Indonesia dan melakukan pemesanan, masyarakat dapat mengakses situs pintar.bi.go.id. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index