Dispusip Pekanbaru Ajak Masyarakat Budayakan Berliterasi Selama Ramadhan

Dispusip Pekanbaru Ajak Masyarakat Budayakan Berliterasi Selama Ramadhan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Hj Erna Juita, SH, MSi mengajak masyarakat tetap aktif dan membudayakan kegiatan berliterasi selama bulan Ramadhan.

Oleh karenanya, melalui Perpustakaan Tenas Effendy, berbagai program untuk meningkatkan gemar literasi kepada semua kalangan, terkhusus anak-anak gencar dilakukan.

Salah satunya adalah program Kampung Dongeng Pekanbaru bekerjasama dengan Pusdiklat Kemendikbud RI mengadakan kegiatan Cerah Ceria Ramadan yang turut di support oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru. Agenda ini digelar pada Jumat, (22/3/2024) kemarin.

"Perpustakaan kini telah bertransformasi, tidak hanya memfasilitasi kegiatan membaca saja. Namun juga menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi yang bisa dilakukan dengan siapapun dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada. Seperti yang kita lakukan kali ini," ujarnya.

Puluhan anak-anak dari SD Negeri 88 Kota Pekanbaru yang turut serta dalam acara tersebut tampak menunjukan antusiasme besar saat menonton film edukasi, mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh Kakak Mamiek dari Kampung Dongeng Pekanbaru hingga game-game seru lainnya.

"Harapannya anak-anak dapat menyerap makna atau hikmah dari tontongan dan cerita yang disampaikan, khususnya dalam memahami arti kejujuran sebagai bagian dari akhlak mulia pelajar Pancasila," jelasnya.

Selain itu, Erna juga menekankan bahwa ajakan untuk berliterasi bukanlah sesuatu yang hanya terjadi di bulan Ramadan. Ini merupakan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan minat baca dan literasi di tengah masyarakat.

"Dengan terus menggelar berbagai kegiatan literasi. Kedepannya akan tercipta masyarakat yang cerdas, kritis, dan memiliki nilai-nilai yang kuat, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara," pungkasnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index