Jangan Lupa Bawa KTP, BI Riau Buka Layanan Penukaran Uang

Jangan Lupa Bawa KTP, BI Riau Buka Layanan Penukaran Uang
Dok. Istimewa

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Guna memenuhi kebutuhan uang saat lebaran nanti, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau membuka layanan penukaran uang bersama, Senin (25/3/2024) di halaman kantor BI Riau. Warga yang ingin menukarkan uang tampak antusias mengantre menunggu giliran.

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Riau, Panji Achmad mengatakan kalau salah satu tugas Bank Indonesia yakni menjamin ketersediaan uang rupiah dalam jumlah yang cukup dan layak edar bagi masyarakat.

Untuk penukaran uang rupiah, Bank Indonesia menyiapkan 8 loket perbankan dan 4 unit mobil kas keliling di Pasar Bawah, MTC Panam, dan rest area Tol Permai KM 45, dengan ketentuan 1 KTP hanya bisa menukar uang maksimal Rp 4 juta. Caranya, masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang Rupiah baru, harus membawa KTP dan mengisi website pintar.bi.go.id terlebih dahulu.

Masyarakat Riau dapat melakukan penukaran uang rupiah pecahan kecil di seluruh unit atau cabang perbankan, kas keliling Bank Indonesia, atau pada saat kegiatan penukaran uang bersama BI dan Perbankan yang sudah terjadwal.

Sementara itu, penukaran uang rupiah pecahan kecil sudah dapat dilakukan mulai tanggal 15 Maret hingga 5 April 2024 di seluruh bank dan kas keliling.

“Sedangkan untuk layanan penukaran uang Bank Indonesia dilaksanakan pada tanggal 25 - 27 Maret 2024 di halaman samping KPW BI Provinsi Riau,” katanya.

Seperti diketahui, BI telah menyiapkan sebesar Rp6,031 triliun untuk kebutuhan lebaran Idulfitri 1445 H/2024 di Provinsi Riau. Jumlah ini meningkat sebesar 13,8% (yoy) jika dibandingkan dengan kebutuhan uang di Idulfitri sebelumnya yakni sebesar Rp5,3 triliun.

Untuk mendukung pelaksanaan layanan penukaran uang bersama ini, BI Riau bekerja sama dengan sejumlah perbankan yang ada di Riau.

Tak hanya membuka layanan penukaran uang, BI Riau juga melakukan sebuah rangkaian kegiatan yang disebut dengan SERAMBI 2024 (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldulfitri tahun 2024) dengan tema 'Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah'. SERAMBI 2024 ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai 3 hal:

1. Pemenuhan Kebutuhan Uang: Kecukupan kebutuhan uang untuk   masyarakat melalui perbankan dengan jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai,dan dalam kondisi yang layak edar.

2. Terlaksananya Layanan Kas:Pelaksanaan Layanan Penukaran Uang bagimasyarakat berupa Kas Keliling, Penukaran Bersama Bank Indonesia dan Perbankan dan Pelayanan Penukaran Uang di kantor -kantor perbankan.

3. Edukasi dan Komunikasi: Kegiatan berupa Edukasi untuk meningkatkan awareness masyarakat terkait dengan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah dan QRIS selamabulan Ramadan.

Dalam kampanye CBP edisi Ramadan ini dititikberatkan agar masyarakat bijak dalam berbelanja dalam memenuhi kebutuhanselama bulan Ramadan maupun dalam menghadapi Hari Raya ldulfitri. Yaitu berbelanja sesuai kebutuhan tidak berlebihan sehingga tidak terjadi kelangkaan barang yang dapat memicu kenaikan harga atau inflasi. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index